kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 19 September 2018 07:00
  1. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  2. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  3. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  4. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  5. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  6. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  7. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  8. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  9. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  10. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  11. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  12. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  13. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  14. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  15. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  16. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  17. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  18. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  19. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  20. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  21. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  22. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes
  23. Diet Mediterania untuk Penyandang Diabetes
  24. 8 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes
  25. Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes
  26. Mempersiapkan Kehamilan setelah Berbulan Madu
  27. Bolehkah Makan Gorengan saat Berbuka Puasa?
  28. Jaga Stamina saat Puasa dengan Makan 5 Buah Ini
  29. Ingin Segera Hamil, Meghan Markle Minta Harry Lakukan 2 Hal
  30. Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Liburan
  • Card 25 of 30
Rona

Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Pelangi Karismakristi    •    31 Mei 2018 07:01

(Foto:Shutterstock) (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti oleh kaum muslim. Termasuk penyandang penyakit tertentu, seperti diabetes.

Spesialis Penyakit Dalam di Imperial Collage London Diabetes Center, Farhana bin Lootah mengatakan, bagi siapa pun yang menyandang diabetes disarankan berkonsultasi dengan dokter, apalagi jika memiliki diabetes tipe 2.

"Untuk para penyandang diabetes tipe 1 yang berpuasa, harus diawasi dengan ketat. Pastikan gula darah Anda selalu terkontrol untuk mengurangi risiko pada kesehatan. Sebab saat puasa tubuh akan menyesuaikan insulin sesuai asupan dan makanan," ujar Farhana.

Hal yang perlu diperhatikan saat menjalankan puasa bagi penyandang diabetes adalah risiko peningkatan kadar gula darah usai berbuka, terutama jika Anda makan makanan manis. Anda dianjurkan untuk memperbanyak air putih ketika berbuka dan sahur agar tubuh juga tetap terhidrasi.

Selain itu, Farhana juga merekomendasikan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti gandum, sereal gandum. Ditambah buah, sayur, kacang-kacangan, susu, ayam, ikan, yoghurt, dan makanan sehat lainnya.

Anda juga bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini bila ingin berpuasa.

1. Tidak melewatkan makan sahur

Ahli diet bersertifikat sekaligus ahli nutrisi dari Montefiore Health System di Bronx, New York Sandra Arevalo menyarankan agar tak melewatkan santap sahur. Ini berguna untuk menyimpan cadangan tenaga selama berpuasa. Anda sebaiknya mengonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan tinggi serat, serta memperbanyak air putih.

2. Konsumsi gizi seimbang

Arevalo mengatakan bahwa Anda tak hanya mengonsumsi karbohidrat kompleks saja. Namun perlu menggabungkan asupan lain, seperti protein dan serat yang dapat membantu menjaga tubuh serta gula darah Anda seimbang.

3. Tahu kapan harus berbuka

Ahli diet di Diabetes Research Institute University of Miami Miller School of Medicine, Amy Kimberlain mengatakan bila glukosa kurang dari 70 mg/dL Anda disarankan untuk berbuka. Dalam kasus hipoglikemia ini, Anda bisa mengatasinya dengan segera membatalkan puasa, kemudian makan makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat.

"Pasien juga dianjurkan untuk membatalkan puasa jika gula darahnya di atas 300 mg/ dL. Hal ini dilakukan untuk mencegah semakin meningkatnya kadar gula darah," kata Kimberlain.

4. Dengarkan tubuh Anda

Bila urine berwarna gelap, sakit kepala disertai mual dan muntah, itu pertanda Anda mengalami dehidrasi serius. Kimberlain menyarankan agar segera berbuka puasa.

Selain itu, untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian, penyandang diabetes sebaiknya minum Diabetasol yang merupakan asupan nutrisi pengganti makanan yang lengkap dan seimbang. Keunggulan Diabetasol yaitu nilai gizinya lengkap dan seimbang sehingga bisa digunakan sebagai pengganti makan; Vitadigest yang merupakan kombinasi karbohidrat lepas lambat sehingga kenaikan gula darah setelah makan tidak meningkat secara drastis; serta Indeks Glikemiknya rendah (31) sehingga dapat diserap perlahan-lahan oleh tubuh.

Diabetasol tersedia dalam pilihan rasa cokelat, vanila, dan cappucino yang bisa dipilih sesuai selera. Diabetasol dapat diminum setiap hari, yaitu dua gelas per hari sebagai pengganti makan utama (buka puasa dan sahur), atau pengganti makan total (Per 60 gr/saji mengandung kalori 260 kkal).

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 19 September 2018 07:00
  1. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  2. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  3. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  4. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  5. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  6. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  7. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  8. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  9. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  10. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  11. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  12. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  13. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  14. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  15. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  16. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  17. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  18. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  19. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  20. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  21. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  22. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes
  23. Diet Mediterania untuk Penyandang Diabetes
  24. 8 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes
  25. Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes
  26. Mempersiapkan Kehamilan setelah Berbulan Madu
  27. Bolehkah Makan Gorengan saat Berbuka Puasa?
  28. Jaga Stamina saat Puasa dengan Makan 5 Buah Ini
  29. Ingin Segera Hamil, Meghan Markle Minta Harry Lakukan 2 Hal
  30. Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Liburan