kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 19 September 2018 07:00
  1. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  2. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  3. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  4. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  5. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  6. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  7. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  8. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  9. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  10. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  11. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  12. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  13. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  14. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  15. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  16. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  17. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  18. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  19. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  20. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  21. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  22. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes
  23. Diet Mediterania untuk Penyandang Diabetes
  24. 8 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes
  25. Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes
  26. Mempersiapkan Kehamilan setelah Berbulan Madu
  27. Bolehkah Makan Gorengan saat Berbuka Puasa?
  28. Jaga Stamina saat Puasa dengan Makan 5 Buah Ini
  29. Ingin Segera Hamil, Meghan Markle Minta Harry Lakukan 2 Hal
  30. Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Liburan
  • Card 1 of 30
Rona

Fakta tentang Kolesterol yang Perlu Anda Tahu

Pelangi Karismakristi    •    03 Mei 2018 07:01

Kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh akan meningkat jika seseorang aktif bergerak (Foto:Shutterstock) Kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh akan meningkat jika seseorang aktif bergerak (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Sebagian orang beranggapan kolesterol identik dengan penyakit berbahaya. Persepsi
itu tidak salah sepenuhnya, namun ada beberapa fakta seputar kolesterol yang belum banyak diketahui.

1. Kolesterol terbagi dua jenis

Ada dua jenis kolesterol yang perlu Anda tahu, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Kadar keduanya harus seimbang dalam tubuh. Tubuh memerlukan HDL sekitar 50-60 mg/dL. Sedangkan kolesterol jahat tidak boleh lebih dari 100 mg/dL.

2. Kolesterol tak selalu buruk

Kolesterol tak selalu buruk jika kadarnya normal. Bahkan, tubuh memerlukan kolesterol untuk menjaga hormon dan sel tubuh berfungsi dengan baik. Selain itu, kolesterol akan membantu hati membuat asam untuk memproses lemak.

3. Kolesterol juga menyerang anak

Tak hanya orang dewasa, anak-anak berpotensi memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini dipicu faktor obesitas dan keturunan. Ada baiknya Anda melakukan cek kesehatan pada anak, terlebih jika ada riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi. 

National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) American Academy of Pediatrics
merekomendasikan agar anak antara usia 9 dan 11, 17 dan 21, melakukan pemeriksaan kadar kolesterol. Sebagai bentuk pencegahan, selalu perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi anak, ajak ia rutin berolahraga, dan batasi makanan manis. 

4. Kadar kolesterol perempuan selalu berubah

Kadar kolesterol perempuan kerap mengalami perubahan, yaitu pada saat hamil dan menopause. Saat hamil, kadar kolesterol wanita naik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Kadar kolesterol kembali normal setelah melahirkan. Kemudian, ketika memasuki menopause kadar kolesterol kembali naik. Ahli dari Mayo Clinic mengatakan, penurunan hormon esterogen saat menopause menyebabkan kadar LDL naik.

5. Aktivitas fisik tingkatkan kadar kolesterol baik

Kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh akan meningkat jika seseorang aktif bergerak.
Penelitian yang dipublikasi Journal of Strength and Conditioning Research mengemukakan
bahwa pria yang rutin jogging setiap minggu, mengalami peningkatan kadar HDL signifikan.

6. Suplemen bantu turunkan kolesterol jahat

Sebagai alternatif, suplemen penurun kolesterol digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa suplemen penurun kolesterol yang biasa digunakan ialah minyak ikan, Psyllium (Plantago Ovata), niacin, Koenzim Q10 (CoQ10). Namun, sebelum memutuskan mengonsumsi suplemen, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Cara yang lebih efektif dan telah teruji klinis untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yaitu dengan mengonsumsi Nutrive Benecol. Nutrive Benecol telah teruji membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, LDL hingga 15 persen dan membantu mengurangi risiko jantung koroner.

Nutrive Benecol dilengkapi dengan kandungan Plant Stanol Ester (PSE) di dalamnya yang terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol. Plant Stanol merupakan senyawa alami yang banyak terdapat dalam tanaman, seperti rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum dan tanaman lainnya. Di mana mekanisme kerja dalam tubuh dengan cara berkompetisi dengan kolesterol makanan yang masuk dalam saluran cerna, sehingga tidak diserap oleh usus halus.

Untuk mencapai manfaat maksimal, Anda harus minum dua sajian sehari setelah makan. Ada beberapa varian smoothies dengan rasa enak seperti blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Serta Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat yaitu vanilla veggie mix dan chocolate. Nutrive Benecol, cara enak turunkan kolesterol.

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 19 September 2018 07:00
  1. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  2. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  3. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  4. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  5. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  6. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  7. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  8. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  9. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  10. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  11. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  12. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  13. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  14. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  15. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  16. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  17. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  18. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  19. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  20. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  21. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  22. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes
  23. Diet Mediterania untuk Penyandang Diabetes
  24. 8 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes
  25. Panduan Berpuasa bagi Penderita Diabetes
  26. Mempersiapkan Kehamilan setelah Berbulan Madu
  27. Bolehkah Makan Gorengan saat Berbuka Puasa?
  28. Jaga Stamina saat Puasa dengan Makan 5 Buah Ini
  29. Ingin Segera Hamil, Meghan Markle Minta Harry Lakukan 2 Hal
  30. Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Liburan