kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 15 November 2018 12:01
  1. Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
  2. Tetap Awet Muda Tanpa Operasi Plastik
  3. Tak Selalu Buang Waktu, Ini Manfaat Positif Nongkrong Bersama Teman
  4. Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum
  5. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  6. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  7. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  8. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  9. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  10. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  11. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  12. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  13. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  14. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  15. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  16. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  17. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  18. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  19. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  20. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  21. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  22. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  23. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  24. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  25. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  26. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  27. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  28. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  29. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  30. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  • Card 1 of 30
Rona

Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh

Pelangi Karismakristi    •    12 Juni 2018 07:00

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, Anda bisa minum air kelapa yang cepat membantu mengisi ulang cairan tubuh (Foto:Shutterstock) Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, Anda bisa minum air kelapa yang cepat membantu mengisi ulang cairan tubuh (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Air menjadi komponen terbesar dalam tubuh manusia. Pada orang dewasa, 60 persen elemen tubuhnya dipenuhi cairan. Itu sebabnya menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting.

Kondisi dehidrasi terutama rawan terjadi ketika Anda sedang dalam perjalanan jauh menggunakan kendaraan. Dalam perjalanan mudik jelang Lebaran, misalnya. Anda tak boleh mengabaikan tubuh yang kekurangan cairan. Selalu siapkan air minum untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Bila Anda merasa tubuh mengalami dehidrasi ringan, segera minum air. Sebab, jika dehidrasi tak ditangani, bisa menjadi parah dan membahayakan tubuh.

Beberapa efek yang dialami tubuh jika dehidrasi:

1. Jantung Berdegup Kencang

Ahli diet Andy Bellati mengatakan, jika Anda mengalami dehidrasi, volume darah akan menurun, begitu juga dengan tekanan darah. "Saat tekanan darah menurun, denyut jantung akan meningkat," tutur Bellati.

Kondisi ini akan membuat Anda merasa pusing, lemas, atau lelah dan mengalami perasaan berdebar. Bila hal ini terus terjadi meskipun Anda sudah minum banyak air, Bellati menyarankan untuk segera mencari pertolongan medis.

2. Tekanan Darah Menjadi Sangat Rendah

Mayo Clinic menemukan bahwa dehidrasi pada kasus yang paling parah, tekanan dan volume darah bisa turun drastis, sehingga tubuh mengalami syok hipovolemik atau kondisi saat jantung tak bisa maksimal memasok cukup darah.

3. Berisiko pada Ginjal

Bila tidak terhidrasi, tubuh berisiko terkena penyakit batu ginjal. Hal ini diperkuat dengan penemuan Mayo Clinic yang mengungkapkan, dehidrasi berkepanjangan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan gagal ginjal.

Bellati mengatakan, saat Anda mengalami dehidrasi, ginjal mendapat sinyal untuk menahan lebih banyak air. Akibatnya, Anda akan buang air kecil lebih sedikit.  "Dan kita tahu bahwa salah satu dari banyak faktor yang meningkatkan pembentukan batu ginjal adalah ketika urine terkonsentrasi," tuturnya.

4. Heatstroke

Kondisi ini adalah pada saat Anda terpapar teriknya matahari yang ekstrem dan mengakibatkan suhu tubuh meningkat drastis, atau tak cukup mendinginkan suhunya. Hal ini disertai dengan gejala kebingungan, pusing, detak jantung yang cepat, kehilangan kesadaran dan sebagainya. Jika mengalami kondisi demikian, Anda perlu segera mendapat penanganan medis.

5. Kejang

Elektrolit merupakan mineral dengan muatan listrik, kalium, dan natrium. Zat ini akan membantu tubuh membawa sinyal listrik antar sel. Ketika Anda dehidrasi, keseimbangan elektrolit akan terganggu. Ketidakseimbangan akan membuat Anda merasa ingin pingsan, atau rasa kebingungan, dan bisa menyebabkan kejang.

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, Anda bisa minum air kelapa yang cepat membantu mengisi ulang cairan tubuh. Kini, Anda bisa mendapatkan manfaat air kelapa dengan cara yang lebih praktis dari Hydro Coco.

Dibuat dari air kelapa asli karena diambil dari perkebunan kelapa terbesar di provinsi Riau, Indonesia, Hydro Coco merupakan minuman air kelapa original dalam kemasan tetraprisma aseptic 250 mililiter dan 500 mililiter.

Hydro Coco diproduksi menggunakan teknologi UHT dan Aseptic sehingga Hydro Coco tidak memerlukan bahan pengawet, pewarna buatan, serta pemanis buatan. Rasanya tetap natural dan kualitas air kelapa, nutrisi, serta mineral di dalamnya tetap terjaga. Hydro Coco aman diminum setiap hari karena mempunyai banyak manfaat kesehatan selayaknya air kelapa.

Nikmati air kelapa asli dari Indonesia, Hydro Coco, Taste Good, Feel Good!

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 15 November 2018 12:01
  1. Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
  2. Tetap Awet Muda Tanpa Operasi Plastik
  3. Tak Selalu Buang Waktu, Ini Manfaat Positif Nongkrong Bersama Teman
  4. Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum
  5. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  6. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  7. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  8. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  9. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  10. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  11. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  12. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  13. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  14. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  15. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  16. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  17. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  18. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  19. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  20. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  21. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  22. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  23. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  24. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  25. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  26. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  27. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  28. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  29. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  30. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun