• Card 1 of 30
Rona

9 Perubahan Fisik Penanda Anda Mulai Menua

Gervin Nathaniel Purba    •    23 Juni 2017 12:12

Terdapat sembilan perubahan fisik yang dialami oleh orang yang mulai memasuki usia 30-an. Terdapat sembilan perubahan fisik yang dialami oleh orang yang mulai memasuki usia 30-an.

medcom.id, Jakarta: Setiap orang tentu mengharapkan tubuhnya selalu sehat dan tetap muda. Namun, pertambahan usia pasti terjadi. Ketika usia makin bertambah dan mulai memasuki usia 30-an, terjadi sejumlah perubahan fisik. 

Terdapat sembilan perubahan fisik yang dialami oleh orang yang mulai memasuki usia 30-an:

1. Rambut kusam dan menipis
Melahirkan, menggunakan obat tertentu, dan stres dapat menyebabkan rambut rontok. Namun, perubahan hormonal dan pertambahan usia dapat memicu terjadinya kekusaman dan kerontokan rambut. 

2. Kulit leher kendur
Kulit leher kendur dan berlipat-lipat ketika usia semakin matang. Untuk mengurangi kendur, selalu oleskan pelembab yang mengandung peptida untuk menambah produksi kolagen. Perawatan secara medis juga bisa ditempuh, yakni menggunakan laser fraxel dan botox untuk memperbaiki tekstur kulit. 

3. Payudara kendur
Menyusutnya jaringan dan lemak membuat payudara mengendur. Gravitasi, menyusui, penggunaan bra yang tidak sesuai, dan tingkat estrogen yang rendah membuat payudara semakin kendur. Untuk mengatasinya, coba berdiri miring di depan cermin dengan siku ditekuk sampai 90 derajat. Bagian paling atas dari payudara Anda harus berada di tengah antara siku dan bahu. Jika tetap rendah, kencangkan tali pengikat bra. Beberapa latihan beban juga dapat dicoba untuk mengencangkan otot payudara.

4. Muncul bintik cokelat
Hilangnya kolagen menyebabkan pembuluh darah menonjol. Bintik-bintik cokelat dan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari lainnya juga mulai bermunculan. Untuk mengatasinya, oleskan sunblock (tabir surya) di punggung tangan setiap hari untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Langkah tersebut merupakan salah satu cara agar kulit tetap terhidrasi. Dari sisi medis, perawatan laser bisa dipilih untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari. Ada juga terapi photodynamic yang dapat merangsang produksi kolagen.

5. Kaki sakit
Bertahun-tahun menggunakan sepatu yang tak nyaman di kaki akan menyebabkan kaki sakit, kulit tumit retak, dan kapalan. Untuk mencegah sakit pada kemudian hari, mulai sekarang gunakan sepatu yang nyaman sesuai ukuran kaki.

6. Alis dan bulu mata menipis
Perubahan hormon akan membuat alis dan bulu mata menipis. Kebiasaan mencabut alis selama bertahun-tahun juga akan merusak kantung alis dan membuatnya sulit tumbuh kembali. Ahli tata rias Jeannie Mai menyarankan sebuah trik untuk menutupi kekurangan pada alis. Gunakan sikat kecil untuk mengoleskan eye shadow pada alis sehingga kekurangan pada alis tersamarkan.

7.Lutut dan siku kering
Lutut dan siku tampak lebih kering ketika usia memasuki 30 tahun. Kulit juga mulai terlihat keriput dan seperti bersisik. Untuk mengatasinya, rendam kulit kering dengan pelembab yang mengandung amonium laktat atau urea. Keduanya membantu meningkatkan kelembaban kulit. Fokuskan pada lutut yang kering dengan memberikan pelembab tubuh. Lalu, oleskan krim favorit Anda pada siku yang kering. Jika tak puas dengan cara itu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

8. Garis halus dan keriput
Kehilangan kolagen dan elastisitas akan mengurangi volume kulit, menyebabkan garis-garis halus dan keriput. Dermatolog kosmetik di Atlanta, Tina B West menyarankan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, garis halus dan keriput bisa diatasi dengan teknik botox dan laser. 

9. Noda gigi
Lapisan email gigil akan menipis seiring berjalannya waktu. Efeknya, gigi akan terlihat berwarna kekuningan dan lebih rentan terhadap noda. 

Sembilan tanda perubahan fisik tersebut akan semakin parah jika tubuh kekurangan nutrisi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda melakukan pencegahan dengan memberikan asupan nutrisi seimbang. Guna membantu terpenuhinya nutrisi harian, Anda dapat mengonsumsi Entrasol. Entrasol mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, yakni Hytolive sebagai antioksidan alami, P-Bone untuk menjaga kepadatan tulang, Omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi, Hi-Fiber untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta kandungan 1o vitamin dan 5 mineral. Entrasol pun lebih sedikit mengandung lemak sehingga Anda tidak perlu khawatir berat badan akan melonjak.