kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 15 Oktober 2018 10:46
  1. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  2. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  3. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  4. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  5. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  6. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  7. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  8. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  9. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  10. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  11. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  12. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  13. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  14. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  15. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  16. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  17. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  18. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  19. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  20. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  21. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  22. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  23. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  24. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  25. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  26. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  27. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  28. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  29. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  30. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes
  • Card 22 of 30
Rona

Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Pelangi Karismakristi    •    01 Agustus 2018 07:00

Kelelahan bisa disebabkan aktivitas harian yang padat (Foto:Shutterstock) Kelelahan bisa disebabkan aktivitas harian yang padat (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Sebuah penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan bahwa dua dari lima orang Amerika merasa lelah hampir sepanjang waktu dan satu dari tiga orang dewasa mengaku kurang tidur. Apakah Anda juga kerap merasakan hal yang sama?

Ahli penyakit dalam dari Atlanta, Sandra Adamson Fryhofer, mengatakan jika Anda merasa sering lelah, sebaiknya mulai mengubah gaya hidup. 

Lalu apa sebenarnya penyebab tubuh sering merasa lelah sepanjang waktu? 

1. Anemia

Dilansir Prevention, kelelahan akibat anemia disebabkan kurangnya sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel tubuh lain. Hal ini ditandai dengan rasa lelah sepanjang waktu, tubuh lemas, sulit tidur, kurang konsentrasi, jantung berdetak cepat, nyeri dada, dan sakit kepala. Untuk mencegahnya, Anda disarankan banyak mengonsumsi makanan mengandung zat besi, atau segera konsultasikan ke dokter.

2. Dehidrasi

Dehidrasi bisa berdampak pada suasana hati dan energi Anda. Para peneliti menyebutkan bahwa menurunnya kinerja otak dapat disebabkan kekurangan cairan. Sebanyak 75 persen orang Amerika yang kurang minum air berakibat pada timbulnya rasa lesu. Bila Anda merasa lelah sepanjang waktu, mendapati urine berwarna gelap, susah konsentrasi, sakit kepala, dan kulit terasa kering, itu merupakan pertanda tubuh dehidrasi. Untuk mengatasinya, cukupi kebutuhan minum air putih.

3. Tiroid

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang akan mengontrol metabolisme tubuh. Jika kelebihan hormon tiroid (hipertiroid), maka metabolisme tubuh akan meningkat. Begitu pula sebaliknya. 

Hipertiroid menyebabkan kelelahan dan kelemahan otot. Gejalanya berupa penurunan berat badan drastis, suhu tubuh naik, denyut jantung meningkat, siklus menstruasi tidak lancar, dan sering haus. 

Sementara, kekurangan tiroid (hipotiroid) akan menyebabkan Anda kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan nyeri otot. Gejala lainnya yakni kenaikan berat badan karena retensi air, menurunnya suhu tubuh, dan konstipasi. 

4. Diabetes

Salah satu gejala diabetes adalah merasa lelah sepanjang waktu. Apabila rasa lelah tersebut dibarengi dengan rasa haus berlebih, sering buang air kecil, penurunan berat badan, gampang marah, dan penglihatan kabur, bisa jadi Anda terserang diabetes. Untuk memastikannya, lakukan tes glukosa dengan mengukur kadar gula darah setelah puasa selama delapan jam. Atau Anda bisa melakukan tes Toleransi Glukosa Oral (TTGO). 

5. Depresi

Depresi pada umumnya ditandai dengan penurunan energi, kelelahan, perubahan pola tidur dan makan, daya ingat dan konsentrasi menurun, serta memiliki perasaan putus asa, tak berharga atau negatif. 

6. Kelelahan kronis 

Kondisi ini menyebabkan Anda merasa cepat lelah. Orang yang menderita Chronic Fatigue Syndrom (CFS) akan merasa terlalu lelah untuk melanjutkan aktivitas normal mereka. Apabila dipaksakan, ia akan merasa mudah lelah. CFS ditandai dengan sakit kepala, nyeri otot dan sendi, kelenjar getah bening yang lunak, serta sulit berkonsentrasi. 

Selain penyebab-penyebab di atas, ada juga lelah yang disebabkan karena aktivitas harian yang cukup padat. Bagi Anda yang sering merasa lelah sepanjang waktu, tak ada salahnya jika Anda menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, dan memperbaiki gaya hidup. 

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi Fatigon multivitamin. Fatigon merupakan multivitamin yang terdiri atas kombinasi vitamin B1, B6, B12 vitamin E, mineral, kalium, dan magnesium aspartat yang membantu memelihara kesehatan untuk menjaga kondisi tubuh. 

Fatigon merupakan multivitamin untuk mencegah rasa capai, pegal, kram, dan kesemutan. Untuk mendapatkan hasil optimal, kosumsi 1-2 kaplet sehari setelah beraktivitas. 

Untuk membantu menambah stamina, tenaga dan kesegaran tubuh, Anda bisa mengonsumsi Fatigon Spirit 1-2 kaplet sehari sebelum atau saat beraktivitas. Fatigon Spirit mengandung nano gingseng yang lebih mudah diserap tubuh.

Fatigon Spirit juga mengandung L-camitine yang berguna untuk pembakaran lemak yang akan mengubahnya menjadi energi dan berperan memulihkan stamina tubuh, sehingga tubuh akan terasa segar dan berenergi.

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 15 Oktober 2018 10:46
  1. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  2. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  3. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  4. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  5. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  6. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  7. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  8. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  9. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  10. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  11. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  12. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  13. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  14. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  15. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  16. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  17. Freeletics, Solusi Olahraga bagi yang Sibuk Bekerja
  18. 7 Tanda Dehidrasi yang Sering Diabaikan, Termasuk Anda?
  19. Bumil, Jangan Abaikan Asupan Asam Folat selama Kehamilan
  20. Tips Menjaga Kesehatan Selama Masa Kehamilan
  21. Waspadai Dampak Buruk Terlalu Sering Kerja Lembur
  22. Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu
  23. Cara Meningkatkan Kinerja Berdasarkan Karakter
  24. Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja yang Menurun
  25. Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
  26. Lima Penyebab Anda Sering Merasa Cepat Lelah
  27. Destinasi Pantai yang Menarik Dikunjungi saat Mudik via Pansela
  28. Jangan Diabaikan, Ini 5 Bahaya Dehidrasi bagi Tubuh
  29. Selain Air Putih, Minuman Apa Saja yang Baik Dikonsumsi saat Haus?
  30. 7 Minuman yang Baik Dikonsumsi Penyandang Diabetes