kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 13 Desember 2018 15:31
  1. Tips Menikmati Liburan Tanpa Takut Kadar Gula Naik
  2. Tujuh Cara Mudah Redakan Stres
  3. Tujuh Camilan Tengah Malam yang Tak Bikin Gemuk
  4. Bagaimana Stres dapat Memengaruhi Kadar Kolesterol?
  5. Sering Lapar Tengah Malam? Ini Dia Penyebabnya
  6. Makanan yang Enak Buat Ngemil dan Tak Bikin Gemuk
  7. Manfaat Tak Terduga Kedelai dalam Menurunkan Kolesterol Jahat
  8. Jangan Takut Mengemil, Ini 4 Manfaatnya bagi Kesehatan
  9. Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
  10. Tetap Awet Muda Tanpa Operasi Plastik
  11. Tak Selalu Buang Waktu, Ini Manfaat Positif Nongkrong Bersama Teman
  12. Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum
  13. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  14. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  15. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  16. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  17. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  18. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  19. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  20. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  21. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  22. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  23. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  24. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  25. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  26. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  27. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  28. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  29. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  30. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini
  • Card 1 of 30
Rona

Penyebab Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Pelangi Karismakristi    •    01 Agustus 2018 07:00

Kelelahan bisa disebabkan aktivitas harian yang padat (Foto:Shutterstock) Kelelahan bisa disebabkan aktivitas harian yang padat (Foto:Shutterstock)

Jakarta: Sebuah penelitian dari Centers for Disease Control and Prevention menunjukkan bahwa dua dari lima orang Amerika merasa lelah hampir sepanjang waktu dan satu dari tiga orang dewasa mengaku kurang tidur. Apakah Anda juga kerap merasakan hal yang sama?

Ahli penyakit dalam dari Atlanta, Sandra Adamson Fryhofer, mengatakan jika Anda merasa sering lelah, sebaiknya mulai mengubah gaya hidup. 

Lalu apa sebenarnya penyebab tubuh sering merasa lelah sepanjang waktu? 

1. Anemia

Dilansir Prevention, kelelahan akibat anemia disebabkan kurangnya sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel tubuh lain. Hal ini ditandai dengan rasa lelah sepanjang waktu, tubuh lemas, sulit tidur, kurang konsentrasi, jantung berdetak cepat, nyeri dada, dan sakit kepala. Untuk mencegahnya, Anda disarankan banyak mengonsumsi makanan mengandung zat besi, atau segera konsultasikan ke dokter.

2. Dehidrasi

Dehidrasi bisa berdampak pada suasana hati dan energi Anda. Para peneliti menyebutkan bahwa menurunnya kinerja otak dapat disebabkan kekurangan cairan. Sebanyak 75 persen orang Amerika yang kurang minum air berakibat pada timbulnya rasa lesu. Bila Anda merasa lelah sepanjang waktu, mendapati urine berwarna gelap, susah konsentrasi, sakit kepala, dan kulit terasa kering, itu merupakan pertanda tubuh dehidrasi. Untuk mengatasinya, cukupi kebutuhan minum air putih.

3. Tiroid

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon yang akan mengontrol metabolisme tubuh. Jika kelebihan hormon tiroid (hipertiroid), maka metabolisme tubuh akan meningkat. Begitu pula sebaliknya. 

Hipertiroid menyebabkan kelelahan dan kelemahan otot. Gejalanya berupa penurunan berat badan drastis, suhu tubuh naik, denyut jantung meningkat, siklus menstruasi tidak lancar, dan sering haus. 

Sementara, kekurangan tiroid (hipotiroid) akan menyebabkan Anda kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan nyeri otot. Gejala lainnya yakni kenaikan berat badan karena retensi air, menurunnya suhu tubuh, dan konstipasi. 

4. Diabetes

Salah satu gejala diabetes adalah merasa lelah sepanjang waktu. Apabila rasa lelah tersebut dibarengi dengan rasa haus berlebih, sering buang air kecil, penurunan berat badan, gampang marah, dan penglihatan kabur, bisa jadi Anda terserang diabetes. Untuk memastikannya, lakukan tes glukosa dengan mengukur kadar gula darah setelah puasa selama delapan jam. Atau Anda bisa melakukan tes Toleransi Glukosa Oral (TTGO). 

5. Depresi

Depresi pada umumnya ditandai dengan penurunan energi, kelelahan, perubahan pola tidur dan makan, daya ingat dan konsentrasi menurun, serta memiliki perasaan putus asa, tak berharga atau negatif. 

6. Kelelahan kronis 

Kondisi ini menyebabkan Anda merasa cepat lelah. Orang yang menderita Chronic Fatigue Syndrom (CFS) akan merasa terlalu lelah untuk melanjutkan aktivitas normal mereka. Apabila dipaksakan, ia akan merasa mudah lelah. CFS ditandai dengan sakit kepala, nyeri otot dan sendi, kelenjar getah bening yang lunak, serta sulit berkonsentrasi. 

Selain penyebab-penyebab di atas, ada juga lelah yang disebabkan karena aktivitas harian yang cukup padat. Bagi Anda yang sering merasa lelah sepanjang waktu, tak ada salahnya jika Anda menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, dan memperbaiki gaya hidup. 

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi Fatigon multivitamin. Fatigon merupakan multivitamin yang terdiri atas kombinasi vitamin B1, B6, B12 vitamin E, mineral, kalium, dan magnesium aspartat yang membantu memelihara kesehatan untuk menjaga kondisi tubuh. 

Fatigon merupakan multivitamin untuk mencegah rasa capai, pegal, kram, dan kesemutan. Untuk mendapatkan hasil optimal, kosumsi 1-2 kaplet sehari setelah beraktivitas. 

Untuk membantu menambah stamina, tenaga dan kesegaran tubuh, Anda bisa mengonsumsi Fatigon Spirit 1-2 kaplet sehari sebelum atau saat beraktivitas. Fatigon Spirit mengandung nano gingseng yang lebih mudah diserap tubuh.

Fatigon Spirit juga mengandung L-camitine yang berguna untuk pembakaran lemak yang akan mengubahnya menjadi energi dan berperan memulihkan stamina tubuh, sehingga tubuh akan terasa segar dan berenergi.

kalbe nutritionals
30cards

kalbe nutritionals

Updated 13 Desember 2018 15:31
  1. Tips Menikmati Liburan Tanpa Takut Kadar Gula Naik
  2. Tujuh Cara Mudah Redakan Stres
  3. Tujuh Camilan Tengah Malam yang Tak Bikin Gemuk
  4. Bagaimana Stres dapat Memengaruhi Kadar Kolesterol?
  5. Sering Lapar Tengah Malam? Ini Dia Penyebabnya
  6. Makanan yang Enak Buat Ngemil dan Tak Bikin Gemuk
  7. Manfaat Tak Terduga Kedelai dalam Menurunkan Kolesterol Jahat
  8. Jangan Takut Mengemil, Ini 4 Manfaatnya bagi Kesehatan
  9. Tanda-tanda Tubuh Terlalu Banyak Konsumsi Gula
  10. Tetap Awet Muda Tanpa Operasi Plastik
  11. Tak Selalu Buang Waktu, Ini Manfaat Positif Nongkrong Bersama Teman
  12. Tips Bikin Teh agar Lebih Nikmat Diminum
  13. Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
  14. Waspada, Kelelahan Bekerja Tingkatkan Risiko Celaka
  15. Lima Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Usia 30-an
  16. Tujuh Cara Alami Memperlambat Proses Penuaan
  17. Adakah Hubungan antara Peningkatan Kolesterol dengan Pola Tidur?
  18. Daftar Makanan Alami untuk Menurunkan Kolesterol
  19. Penelitian: Kekurangan Vitamin D Picu Kanker Payudara
  20. Yakin Kebutuhan Kalsium Anda Cukup? Cek 6 Tandanya
  21. Kelelahan Ternyata Juga Dipicu Pola Makan yang Salah, Kok Bisa?
  22. Tips Agar Tidak Gampang Sakit dan Produktivitas Terjaga
  23. Tips Berolahraga untuk Penderita Maag
  24. Agar Gejala Maag Tak Memburuk, Redakan Stres Anda dengan Cara Ini
  25. Cara Gampang Mengurangi Ketergantungan terhadap Gula
  26. Waspadai 7 Penyakit Mengintai Anda yang Hobi Makanan Manis
  27. Makanan yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
  28. Tujuh Buah yang Baik Dimakan Pengidap Kolesterol Tinggi
  29. Empat Penyakit yang Mengintai jika Anda Kurang Makanan Berserat
  30. Setop Ngemil Sembarangan! Ganti dengan 5 Makanan Ini