Eden Hazard ketika memperkuat Chelsea di final Europa League (AFP/Kirill Kudryavtsev)
Eden Hazard ketika memperkuat Chelsea di final Europa League (AFP/Kirill Kudryavtsev)

3 Calon Pengganti Eden Hazard di Chelsea

Bola chelsea
Gregorius Gelino • 08 Juni 2019 09:07

Pedro Rodriguez, Christian Pulisic, dan Callum Hudson-Odoi, siapa paling pantas gantikan Eden Hazard?


Jakarta: Eden Hazard resmi meninggalkan Chelsea dan menuju Real Madrid. Kepergian winger 28 tahun itu meninggalkan lubang menganga di lini serang The Blues.
 
Hazard merupakan salah satu pemain paling berpengaruh di Chelsea. Sejak didatangkan dari Lille pada 2012 lalu, ia mencatatkan 110 gol dan 92 assist dalam 352 laga.
 
Hazard juga tampil gemilang bersama tim asuhan Maurizio Sarri itu sepanjang musim 2018--2019. Ia mencatatkan 52 penampilan di semua ajang dengan catatan 21 gol dan 17 assist.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Namun, kini posisi sayap kiri Chelsea dalam formasi 4-3-3 andalan Sarri diisi kekosongan. Apalagi The Blues tidak dapat melakukan proses transfer setelah mendapat larangan dari FIFA akibat membeli pemain di bawah 18 tahun.
 
Untuk itu, kita akan memilah sejumlah pemain yang ada di dalam skuat Chelsea, baik di tim utama maupun akademi, yang bisa menggantikan peran Hazard.
 
1. Pedro Rodriguez
 
3 Calon Pengganti Eden Hazard di Chelsea

Pedro Rodriguez (AFP/Ozan Kose)
 
Pedro Rodriguez menjadi nama paling masuk akal untuk menggantikan Hazard di sisi kiri penyerangan Chelsea. Sepanjang musim 2018--2019, mantan penggawa Barcelona itu mencatatkan 13 gol dan lima assist dalam 52 pertandingan.
 
Tapi, catatan penting adalah Pedro hanya mencatatkan 3.099 menit sepanjang musim lalu. Itu artinya, penyerang asal Spanyol itu mampu berkontribusi dalam gol Chelsea setiap 172 menit. Sementara Hazard berkontribusi satu gol setiap 102 menit.
 
Namun, gaya bermain keduanya memiliki perbedaan. Pedro bukanlah tipikal pemain yang gemar menggiring bola seperti Hazard. Pemain 31 tahun itu merupakan tipikal pemain yang lebih baik dalam mengeksploitasi ruang kosong.
 
Pedro hanya mencatatkan 1,4 dribble tiap pertandingan. Sementara Hazard mencatatkan 4,1 dribble setiap pertandingan.
 
2. Christian Pulisic
 
3 Calon Pengganti Eden Hazard di Chelsea
Christian Pulisic (AFP/Leon Kuegeler)
 
Nama kedua adalah Christian Pulisic. Mantan pemain Borussia Dortmund itu didatangkan Chelsea pada bursa transfer musim dingin, namun dikembalikan ke Dortmund untuk memainkan sisa musim lalu.
 
Musim lalu, winger 20 tahun itu mencatatkan 30 penampilan dengan torehan tujuh gol dan enam assist. Dengan 1.701 menit bermain, artinya Pulisic berkontribusi terhadap gol Dortmund setiap 130 menit.
 
Meski kerap menggiring bola, persentase dribble sukses Pulisic tidak cukup baik. Statistik whoscored mencatat Pulisic melakukan 2,3 dribble tiap pertandingan, namun ia kehilangan bola 2,2 kali tiap pertandingan.
 
Namun dengan usia yang masih belia, winger Amerika Serikat itu masih bisa berkembang. Tapi, Pulisic harus menunjukkan perkembangan signifikan jika ingin mematenkan tempatnya di Chelsea.
 
3. Callum Hudson-Odoi
 
3 Calon Pengganti Eden Hazard di Chelsea

Callum Hudson-Odoi (AFP/Glyn Kirk)
 
Callum Hudson-Odoi merupakan pemain muda yang kesulitan mengamankan menit bermain di Chelsea, namun menunjukkan potensi signifikan. Dengan posisi yang sama dengan Hazard, tidak mengejutkan jika pemuda 20 tahun ini kesulitan menembus tim utama.
 
Namun, statistik ofensif Hudson-Odoi tidak buruk untuk pemain muda. Hudson-Odoi mencatatkan 2,2 dribble setiap pertandingan dan 0,9 kali kehilangan bola.
 
Ia juga cukup baik dalam mengumpan. Hudson-Odoi mencatatkan 87,4 persen umpan akurat tiap pertandingan, sedangkan Hazard mencatatkan 84,4 persen umpan akurat.
 
Hudson-Odoi juga cukup baik dalam mengonversikan peluang.Dalam 808 menit bermain di semua kompetisi, Hudson-Odoi mencatatkan lima gol. Artinya, ia berkontribus satu gol tiap 160 menit meski hanya mencatatkan satu tembakan tiap pertandingan.
 
Kesimpulan
 
Jika Sarri masih melatih Chelsea musim depan, Pedro menjadi pemain paling cocok dalam skema pelatih asal Italia itu. Ia memiliki gaya bermain yang mirip dengan Jose Callejon di Napoli, salah satu pemain yang paling diandalkan Sarri ketika melatih Partenopei.
 
Namun, pemain dengan kemampuan paling identik dengan Hazard adalah Callum Hudson-Odoi. Ia mampu mengonversikan peluang, menggiring bola dengan baik, namun ia masih terlalu sering melakukan kesalahan.
 
Sementara Christian Pulisic merupakan paket lengkap. Ia mampu menciptakan peluang dan menyelesaikan peluang. Hanya saja, ia membutuhkan waktu adaptasi dengan kultur sepak bola Inggris dan skema permainan The Blues.
 
Video: Libur Lebaran, Marko Simic Ikutan Mudik
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif