Foto: Dok.medcom.id
Foto: Dok.medcom.id

Liverpool vs Manchester City, Siapa yang Juara?

Bola liga inggris manchester city liverpool
Achmad Firdaus • 15 April 2019 23:24
PERSAINGAN menuju gelar juara Liga Primer Inggris musim 2018--2019 kini sudah mengerucut menjadi dua nama; Liverpool dan Manchester City. Tim mana yang akan keluar sebagai juara?
 
Liverpool memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 85 poin dari 34 laga. Jumlah poin ini tidak mungkin lagi dikejar Tottenham Hotspur yang menempati posisi tiga dengan koleksi 67 poin. Dengan hanya menyisakan lima laga, poin maksimal yang bisa diraih Tottenham adalah 83 poin.
 
Dengan begitu, Liverpool kini hanya tinggal bersaing dengan Manchester City yang duduk di posisi dua dengan 83 poin. City sedikit lebih diuntungkan karena baru memainkan 33 pertandingan. Ini berarti, City masih bisa menyalip Liverpool andai meraup kemenangan pada pertandingan tunda yang belum mereka mainkan.

Klasemen sementara Liga Primer Inggris hingga Pekan ke-34

Liverpool vs Manchester City, Siapa yang Juara?
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Akan tetapi, City masih harus berduel dengan lawan-lawan berat di lima pertandingan sisa. Sedangkan Liverpool, meski hanya menyisakan empat laga, lawan-lawan yang akan mereka hadapi relatif lebih ringan.
 
Chelsea menjadi lawan berat terakhir yang dihadapi Liverpool. Dan itu sudah berhasil dilewati Mo Salah dan kawan-kawan dengan hasil maksimal. Kecemasan "terpeleset" seperti yang terjadi pada Steven Gerrard di musim 2013--2014, sudah terbantahkan. The Reds justru tampil gagah di Anfield dengan membungkam Chelsea dua gol tanpa balas.

Jadwal Liverpool Lebih Menguntungkan Ketimbang City

Selanjutnya, Juergen Klopp tinggal memikirkan bagaimana menjaga kebugaran dan konsistensi anak-anak asuhnya. Sebab, Liverpool masih harus membagi konsentrasi dengan Liga Champions.
 
Pada empat laga tersisa Premier League musim ini, The Reds hanya akan berhadapan dengan tim semenjana. Di mulai dari kandang Cardiff City (21/4), lalu menjamu Huddersfield (27/4), kemudian bertandang ke markas Newcastle United (5/5) dan melakoni pertandingan terakhir di Anfield melawan Wolverhampton (12/5).

Sisa Pertandingan Liverpool:

Liverpool vs Manchester City, Siapa yang Juara?
Sedangkan City, pelatih Josep 'Pep' Guardiola sepertinya harus berpikir lebih keras karena City masih harus meladeni dua lawan tangguh. Belum lagi, membagi konsentrasi ke ajang Liga Champions dan Piala FA.
 
Dua lawan yang berpotensi menghancurkan perjuangan Manchester City merebut gelar juara musim ini adalah Tottenham Hotspur dan Manchester United. Kebetulan dua laga ini akan digelar secara beruntun.
 
Sabtu 20 April nanti, The Citizens dijadwalkan menjamu Tottenham Hotspur. Lima hari kemudian, mereka harus menyambangi markas "tetangga", Manchester United. Sebelum melakoni dua laga krusial ini, City harus terlebih dulu berduel dengan Tottenham Hotspur pada leg kedua babak perempat final Liga Champions. Kamis 18 April 2019 dini hari WIB, City akan menjamu Tottenham untuk membalas kekalahan 0-1 pada leg pertama.
 
Dengan tiga laga penting yang harus dilakoni City dalam kurun waktu satu pekan, Guardiola harus pintar-pintar meracik strategi jitu, sekaligus merotasi anak asuhnya agar kondisi kebugaran mereka tetap terjaga.
 
Andai mampu meraup poin penuh dari Tottenham dan United, besar kemungkinan City akan mengulang kesuksesan merebut gelar juara musim lalu. Sebab, di tiga pertandingan sisa, mereka akan berhadapan dengan tim yang di atas kertas bisa mereka taklukkan, yakni Burnley (tandang), Leicester City (kandang) dan tandang ke markas Brighton and Hove Albion di pekan terakhir.

Sisa Pertandingan Manchester City:

Liverpool vs Manchester City, Siapa yang Juara?


Rekor City dan Liverpool Menghadapi Lawan Tersisa

Berkaca pada pertemuan pertama di musim ini, City sukses meraih poin penuh saat menghadapi Tottenham dan United. City berhasil mencuri kemenangan 0-1 di kandang Tottenham dan menggebuk United 3-1 di Etihad.
 
Di tiga pertandingan sisa, City juga sukses meraup poin absolut. Raheem Sterling dkk menang besar (5-0) lawan Burnley lalu menaklukkan Leicester City dan Brighton masing-masing dengan skor tipis, 2-1 dan 1-0.
 
Andai mampu meraih hasil yang sama seperti pada pertemuan pertama musim ini, City bakal mempertahankan gelar yang mereka raih pada musim lalu. Akan tetapi, bukan perkara mudah untuk mengulang hal tersebut. Sebab, beberapa lawan yang akan dihadapi City masih punya kepentingan.
 
Contohnya, Manchester United yang saat ini masih berjuang untuk mengamankan tiket Liga Champions. Juga, Brighton yang bakal berjuang sekuat tenaga untuk lolos dari zona degradasi. MU saat ini duduk di posisi lima dengan koleksi 64 poin, terpaut dua angka dari Chelsea di posisi empat. Sedangkan Brighton hanya unggul empat poin dari Cardiff City di zona degradasi.
 
Bagaimana dengan Liverpool? Dari empat lawan tersisa, duel melawan Cardiff City dan Newcastle berpotensi menyulitkan karena kedua tim tengah berjuang lolos dari degradasi. Sedangkan dual melawan Wolverhampton dan Huddersfield relatif lebih ringan. Wolves sudah aman di papan tengah, sedangkan Huddersfield sudah pasti terdegradasi.
 
Mengacu pada pertemuan pertama lalu, Liverpool sukses mengalahkan Cardiff dan Newcastle dengan skor besar. Cardiff dibantai 4-1 dan Newcastle 4-0 di Anfield. Sementara di kandang Huddersfield mereka menang tipis 0-1. Sayangnya, The Reds terpeleset di kandang Wolverhampton di mana mereka dipaksa takluk 1-2.
 
Secara keseluruhan, jika dilihat lawan-lawan yang akan dihadapi kedua tim di sisa musim ini, Liverpool memang sedikit lebih diunggulkan ketimbang City. Namun, bukan berarti Liverpool bisa dengan mudah meraih gelar ke-19 atau yang pertama di era Premier League.
 
Selain fokus dan konsistensi, The Reds juga membutuhkan "bantuan" dewi fortuna untuk mengakhiri dahaga juara yang terakhir kali mereka raih pada musim 1989--1990, saat masih bernama Football League First Division.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video: Petuah Van Gaal untuk Masa Depan Kapten Ajax

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif