Timnas Indonesia. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
Timnas Indonesia. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Target PSSI Pasti Berhasil

Bola pssi timnas indonesia
Arpan Rahman • 08 Februari 2020 06:14
TIM Nasional akan menyapu bersih tiga laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda juga masuk final Piala AFF 2020. Akhirnya, kita menembus peringkat 150 dunia. Itu target PSSI tahun ini.
 
Segenap bangsa Indonesia mendoakan prestasi tercapai tinggi di sepak bola sebagai alat perjuangan. Kita masih terus berjuang tak kenal lelah demi menjangkau cita-cita.
 
Manajer baru Shin Tae-yong yang mengalahkan Jerman bukan pelatih kaleng-kaleng. Ia menunggu tawaran dan saat yang tepat buat membesut kesebelasan yang ingin maju.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Bukan tak ada tim yang ingin dia latih. Buktinya klub-klub K-League amat segan mengajukan permintaan kepada juru taktik kelas dunia ini. Klub Tiongkok pun gigit jari karena Shin berpaling.
 
Beruntunglah dia memalingkan muka kepada timnas kita. Meskipun sedikit merosot, sepak bola Indonesia sesungguhnya masih disegani tim mancanegara.
 
Operator Liga 1 pun memastikan jadwal takkan lagi mengalami benturan antara tim nasional dengan agenda klub. Publik kali ini harus mengapresiasi kerja Badan Liga Indonesia telah memenuhi standar profesional menurut skala ideal sebanding dengan organisasi sepak bola lain di negara maju. Kita menjadi kesebelasan yang akan kembali kuat di ajang internasional.
 
Agenda Timnas
 
Para pemain tidak mungkin loyo duluan sebelum bertanding di level pertarungan ketat antarnegara. Shin mengurus kesiapan mental, mengubah kebiasaan buruk di lapangan.
 
Mafia pengaturan skor dijamin tidak berkutik karena Satgas Anti-mafia Bola sudah siaga diaktifkan Polri. Rasa mudah menyerah kalah terbuang jauh, sekarang.
 
Khususnya lagi, bakat cemerlang dari 11 bibit unggul sebagai dua modal dasar untuk keahlian teknis dari pemain berlabel Timnas Indonesia. Kita tiada pernah kekurangan bintang.
 
Segala kelebihan itu diperkuat munculnya gairah besar antara target Timnas dan makin profesionalnya kompetisi Liga 1. Di kala negara-negara lain sangat bersemangat untuk bentrok fisik di tengah lapangan, Timnas kita lebih semangat lagi akibat memiliki spirit itu sebelum bermain.
 
Pada 2020, Timnas akan mengadakan enam kali pemusatan latihan dengan masing-masing berdurasi 14 hari. Biasanya pemain diambil dari klub ke Timnas untuk memasuki pelatnas pada H-4 (empat hari sebelum pelatnas) sampai H+3 (tiga hari setelah pelatnas). Timnas jadi punya waktu 126 hari untuk berkumpul di tahun ini.
 
Diberi waktu 4,2 bulan, Timnas bakal menghadapi lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala AFF, dan laga uji coba. Jumlah pertandingan yang akan dimainkan sekitar 14 kali, dengan catatan skuat Garuda pasti melaju ke final di panggung supremasi Asia Tenggara.
 
Jadwal Liga 1
 
Berarti minimal Liga 1 memiliki kuota 199 hari untuk menghelat kompetisi. Itu sudah dikurangi libur puasa dan Lebaran selama 40 hari. Jangka 6,6 bulan buat menggelar pentas antarklub Tanah Air.
 
Otomatis, operator liga mampu menyusun jadwal longgar bagi 18 klub di seluruh penjuru Indonesia. Dari jadwal 199 hari dikali 34 kali bermain untuk satu klub dalam dua putaran kompetisi, maka diperoleh pertandingan rerata 5,8 hari sekali.
 
Satu klub Liga 1 menurut aturannya bisa main dengan rentang lima hari. Dikurangi lagi waktu tempuh perjalanan antarkota, jadwal rutin berlatih, dan jeda pertandingan, akhirnya praktis pemain cukup memadai beristirahat sekitar dua hari.
 
Memang otot olahragawan yang telah bekerja keras idealnya mendapat waktu pemulihan kondisi antara tujuh sampai 14 hari, menurut John Berardi, Ph.D., pakar nutrisi dari True Health Initiative. Bagaimana menyiasati soal ini?
 
Tim Rusia menghirup zat amoniak untuk melawan keletihan ketika tampil di Piala Dunia 2018. Banyak pemain sepak bola mapan mengganti mepetnya waktu istirahat dengan menjaga ketat pola makan.
 
Diet ala Paleolitik dilakukan oleh Fernando Llorente saat memperkuat klub Real Madrid. Jordan Henderson, gelandang sekaligus kapten FC Liverpool, menambah asupan Promax dan BCAA (Branched Chain Amino Acids) untuk menambah tenaga.
 
Jadwal pertandingan yang tidak mungkin akan bentrok lagi tentu menggembirakan publik sepak bola kita. Timnas negeri ini sebentar lagi bangkit dari jurang di papan bawah rangking FIFA.
 
Satu tahun cukup rasanya bagi PSSI buat menduduki posisi 150 dunia. Semoga.
 
Video: Menpora Tinjau Fasilitas dan Kesiapan Pelatnas PBSI
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif