Piala Dunia 2018

Warga Kosovo Rayakan Kemenangan Swiss atas Serbia

Krisna Octavianus 24 Juni 2018 18:25 WIB
piala dunia 2018
Warga Kosovo Rayakan Kemenangan Swiss atas Serbia
Warga Kosovo saat menyaksikan laga Swiss vs Serbia di ibu kota Pristina. (Foto: AFP/ARMEND NIMANI)
Pristina: Kosovo memang tidak tampil di Piala Dunia. Akan tetapi, warga Kosovo merayakana kemenangan Swiss atas Serbia, Sabtu 23 Juni dini hari WIB.

Seperti diberitakan oleh A FP, rumah-rumah di Kosovo membentangkan bendera Swiss sebagai tanda kebahagiaan mereka karena Swiss berhasil mengandaskan Serbia. 

Kosovo tidak bisa dipisahkan oleh Swiss. Ada tiga pemain keturuanan Kosovo yang bermain untuk tim yang dikapteni Stephan Lichtsteiner tersebut. Mereka adalah Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka, dan Valon Behrami.


Keterikatan Swiss dengan Kosovo seperti hubungan mereka dengan Albania. Tidak bisa dipisahkan. Pada laga tersebut saja, Shaqiri dan Xhaka melakukan selebrasi gol membentuk burung yang merupakan lambang negara Albania yang juga merupakan bagian Kosovo.

Sejarah mencatat, konflik Serbia dan Kosovo pernah terjadi. Dengan kemenangan Swiss, warga Kosovo ikut berbahagia, apalagi yang mencetak gol adalah keturuanan Kosovo.

"Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan, karena ada 'Kosovo' melalui dua pemain itu. Mereka adalah kami, kami adalah Kosovo," ujar Festim Dedinca selaku pendukung Swiss asal Kosovo.

"Mereka (Xhaka dan Shaqiri) adalah keturunan Albania dan ini adalah perasaan yang menyenangkan untuk kami. Jadi, ayo Swiss, ayo Albania, dan ayo Kosovo

Kosovo sebagai negara merdeka pada 2008. Sebagai negara yang merdeka, mereka mulai berkiprah di dunia olahraga internasional pada 2014, sementara diakui oleh FIFA pada 2016.








(KRS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id