Prancis Juara Piala Dunia 2018

Deschamps Sebut Prancis Belajar dari Euro 2016

M. Rizky Adhestian 16 Juli 2018 06:40 WIB
piala dunia 2018
Deschamps Sebut Prancis Belajar dari Euro 2016
Didier Deschamps (Foto: AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)
Moskow: Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, memuji skuat Prancis usai menjuarai Piala Dunia 2018. Ia menyebut buah manis yang dipetik anak-anak asuhnya itu merupakan hasil pelajaran dari kekalahan di Euro 2016.

Prancis membuktikan diri sebagai negara sepak bola terkuat di dunia lewat Piala Dunia 2018. Les Blues keluar menjadi juara setelah mengalahkan Kroasia 4-2 di partai final pada Minggu 15 Juli di Stadion Luzhniki, Moskow.

Ini merupakan titel Piala Dunia kedua Prancis sepanjang sejarah. Kemenangan sebelumnya di tahun 1998, Deschamps juga ikut memegang peranan penting sebagai kapten.

Baca: 13 Fakta Menarik setelah Prancis Menaklukkan Kroasia

Titel Piala Dunia 2018 sekaligus membayar kekecewaan Prancis pada Euro 2016. Sebagai tuan rumah, Antoine Griezmann cs harus takluk 0-1 dari Portugal di partai final.


Akan tetapi, Prancis bangkit dengan lebih kuat dua tahun kemudian. Deschamps menganggap kekecewaan di Euro 2016 membawa buah positif untuk Piala Dunia tahun ini.

"Dua tahun yang lalu, sangat menyakitkan membiarkan kesempatan ini menjadi juara Eropa. Tapi mungkin, jika waktu itu kita menjadi juara Eropa, kita tidak akan menjadi juara dunia hari ini," kata Deschamps.

Baca: Deretan Peraih Penghargaan Terbaik di Piala Dunia 2018

"Para pemain tahu mengapa mereka ada di sana. Mereka harus mendapatkan bintang itu (trofi Piala Dunia), bintang yang bersinar itu, yang luar biasa,” lanjut dia.

Deschamps untuk kedua kalinya mengangkat trofi berlapis emas Piala Dunia, yaitu sebagai kapten 20 tahun lalu dan pelatih saat ini. Ia merasa seperti kembali merasakan masa-masa perjuangannya di tahun 1998.

“Saya tidak ingin membicarakan tentang saya tetapi yang saya ingat adalah sejarah saya sendiri dan itu terkait dengan petualangan para pemain ini," katanya.

“Saya memiliki hak istimewa yang luar biasa untuk menghidupkan (kenangan) 20 tahun yang lalu ini, dan di Prancis. Apa yang baru saja dilakukan para pemain sama indahnya, sama kuatnya," sambungnya.

Deschamps menjadi manusia ketiga sepanjang sejarah yang mampu memenangkan Piala Dunia sebagai kapten dan pelatih. Sebelumnya, prestasi ini juga pernah dicetal Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer.





metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id