NEWSTICKER
Keisuke Honda (Foto: AFP PHOTO / Odd ANDERSEN)
Keisuke Honda (Foto: AFP PHOTO / Odd ANDERSEN)

Keisuke Honda Pensiun dari Timnas Jepang

Bola piala dunia 2018 Timnas Jepang
M. Rizky Adhestian • 03 Juli 2018 18:56
Rostov-na-Donu: Gelandang serang Tim Nasional Jepang, Keisuke Honda, menutup halaman terakhir dalam kisah patriotisnya. Usai tersingkir dari Piala Dunia 2018, ia menyatakan pensiun dari timnas.
 
Jepang harus menelan pil pahit. Tim yang berjuluk Samurai Biru tersebut tersingkir dari Piala Dunia 2018 usai dikalahkan Belgia dengan skor 2-3 pada babak 16-besar, Selasa 3 Juli.
 
Jepang sempat mampu mencuri keunggulan dua gol lewat Genki Haraguchi pada menit ke-48 dan Takashi Inui menit ke-52. Namun, mentalitas kuat Belgia terbukti mampu menampilkan epic comeback dengan membuat tiga gol balasan.

Baca:Pengakuan Kiper Rusia soal Adu Penalti Kontra Spanyol

Akira Nishino berinisiatif menurunkan Honda pada menit 81 atau saat kedudukan masih 2-2, untuk menggantikan Haraguchi. Pemain berusia 32 tahun tersebut malah hampir mencetak gol bagi Jepang, jika tendangan bebasnya gagal ditepis Thibaut Curtois.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Nacer Chadli menjadi penentu kemenangan Belgia lewat golnya di menit-menit akhir. Belum habis kesedihan, Jepang sudah ditinggal sang veteran.
 
"Saya menutup karier saya di tim nasional. Saya bahagia, karena kami banyak mempunyai pemain-pemain muda hebat dan ini saatnya mereka menulis sejarah di sepak bola Jepang," kata Honda dikutip FFT.

Baca:Posisi Joachim Loew di Timnas Jerman Aman

Honda membuat debutnya bersama Timnas Jepang senior pada 2008 lalu. Sampai laga terakhirnya dini hari tadi, ia sudah membuat total 98 penampilan.
 
Sebanyak 37 gol dan 25 assist sudah ia persembahkan demi mengharumkan Negeri Sakura. Gol terakhirnya ia cetak saat menyelamatkan Jepang dari kekalahan atas Senegal di penyisihan Grup H.
 
Gol tersebut sekaligus membuatnya menjadi pemain Asia pertama yang sukses mencetak gol dan assist di tiga Piala Dunia terakhir.

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif