Diari Piala Dunia: Regulasi Kartu Kuning & Merah Pertama Diberlakukan
Foto: Shutterstock
Jakarta: Kartu kuning dan kartu merah adalah salah satu komponen yang tidak terpisahkan dalam olahraga sepak bola. Aturan ini diberlakukan untuk mengontrol sikap dan perilaku seorang pemain di atas lapangan.

Tapi, tahukah Anda kapan pertama kali aturan kartu kuning dan merah diberlakukan?

Di event Piala Dunia, regulasi terkait kartu kuning dan merah pertama kali diberlakukan pada Piala Dunia 1970 di Meksiko.
 

Baca: 16 Besar Piala Dunia 2018 dalam Angka


Keputusan FIFA mengesahkan aturan tersebut menyusul insiden brutal di Piala Dunia 1962 di Cile. Laga tuan rumah melawan Italia di putaran pertama berubah menjadi arena perkelahian pemain.


Dua pemain Italia akhirnya harus diusir keluar dari lapangan (saat itu belum ada regulasi kartu). Sementara itu, pihak kepolisian yang menjaga pertandingan harus empat kali masuk ke lapangan untuk melerai keributan. Momen ini kemudian dikenal dengan sebutan "Battle of Santiago".



Berkaca dari insiden memalukan tersebut, FIFA akhirnya menggodok sejumlah aturan dan pada akhirnya baru mengesahkan regulasi kartu kuning dan merah pada Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Kartu kuning berarti peringatan pertama agar pemain itu berhati-hati. Jika mendapatkan kartu kuning kedua, itu berarti si pemain harus keluar dari lapangan. Sementara kartu merah berarti si pemain harus keluar dari lapangan. Pemilihan warna kuning dan merah sendiri berdasarkan pada warna pada lampu lalu lintas.
 

Baca juga: Bintang Laga: Harry Kane Kapten Haus Gol


Regulasi kartu kuning dan merah terbukti ampuh meminimalisir aksi-aksi kasar atau tidak sportif yang dilakukan para pesepak bola. Hingga akhirnya, regulasi tersebut terus diterapkan di seluruh pertandingan sepak bola di dunia.

Klik tautan ini https://www.medcom.id/pialadunia/diary untuk tahu lebih banyak terkait hal-hal menarik yang pernah terjadi di Piala Dunia.




(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id