Fakta Menarik Jelang Belgia vs Tunisia
Skuat timnas Belgia (Foto: AFP PHOTO / Nelson Almeida)
Moskow: Belgia segera mengetahui nasibnya di Piala Dunia 2018. Mereka akan menghadapi Tunisia pada matchday ketiga penyisihan Grup G, Sabtu 23 Juni nanti malam. Kemenangan pada laga tersebut akan memastikan Eden Hazard cs melaju ke babak 16 besar.

Kedua tim berada di posisi yang jauh berbeda. Kekalahan tidak bisa didapat Tunisia jika ingin menjaga asa lolos ke fase gugur. Sebab, wakil Afrika Utara itu gagal meraih poin pada laga pertamanya melawan Inggris, saat ditaklukkan 1-2.

Sementara itu, hasil positif diraih Belgia pada laga pertama. Skuat asuhan Roberto Martinez itu membantai Panama 3-0 dan langsung menduduki urutan pertama Grup G, berkat unggul selisih gol dari Inggris.

Baca: Jadwal Tiga Pertandingan Piala Dunia Malam Hari Nanti

Striker andalannya, Romelu Lukaku, membuktikan dirinya menjadi momok bagi tim lawan. Sebab, ia sukses mencetak dua gol ke gawang Panama pada laga tersebut.


Kemenangan Belgia tersebut merupakan salah satu yang terbesar di Piala Dunia 2018. Namun, catatan kemenangan terbesar masih dipegang tuan rumah, Rusia sejauh ini. Mereka berhasil meraih kemenangan tuan rumah Rusia atas Arab Saudi dengan skor 5-0 pada laga perdana penyisihan Grup A. 

Pertemuan Belgia dan Tunisia menghadirkan beberapa fakta yang menarik disimak sebelum menonton. Berikut fakta-fakta tersebut yang telah dirangkum tim Medcom.id.

Head-to-head

- Kedua tim sudah bertemu tiga kali. Tunisia menang 2-1 pada laga persahabatan tahun 1992. Pertemuan kedua terjadi pada Piala Dunia 2002 dan berakhir imbang 1-1. Teranyar, Belgia meraih kemenangan 1-0 pada laga persahabatan Juni 2014.

- Striker Napoli, Dries Mertens, menjadi pencetak gol kemenangan pada pertemuan terakhir Belgia atas Tunisia tersebut.

- Ini menjadi pertemuan kedua mereka di ajang Piala Dunia setelah terakhir tahun 2002 yang berakhir imbang 1-1.

Belgia

- Belgia tidak terkalahkan pada 10 pertandingan Piala Dunia terakhir mereka. Lima di antaranya berbuah kemenangan.

- The Red Devils berhasil lolos fase grup dalam enam dari tujuh Piala Dunia terakhir mereka. Hanya Piala Dunia 1998, mereka gagal lolos.

- 11 gol terakhir Belgia di Piala Dunia tercipta pada babak kedua.

- Romelu Lukaku sudah mencetak 15 gol dalam 10 laga timnas Belgia.

Tunisia

- Tunisia gagal menang dalam 12 pertandingan Piala Dunia terakhirnya, setelah kemenangan di laga perdananya saat melawan Meksiko tahun 1978. Kemenangan tersebut sekaligus merupakan kemenangan pertama wakil Afrika di Piala Dunia.

- Gol tendangan penalti mereka melawan Inggris menjadi satu-satunya serangan on target mereka di Piala Dunia 2018.

- Ini adalah Piala Dunia pertama Tunisia sejak 2006. 

- Tunisia baru meraih satu pertandingan tanpa kebobolan dalam 13 laga terakhir di Piala Dunia. Laga tersebut saat melawan Jerman Barat pada 1978 yang berakhir 0-0.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

VideoSalam dari Rusia, Jalan-jalan di Krasnaya Ploshad
 



(PAT)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id