Jelang Kroasia vs Inggris

Prediksi Kroasia vs Inggris: Football Is Coming Home?

M. Rizky Adhestian 11 Juli 2018 16:00 WIB
piala dunia 2018
Prediksi Kroasia vs Inggris: <i>Football Is Coming Home?</i>
Skuat Timnas Inggris (Foto: AFP PHOTO / Yuri CORTEZ)
Moskow: Prancis tengah menunggu lawannya di partai final Piala Dunia 2018. Kini, satu tiket final yang tersisa akan diperebutkan dalam laga Kroasia kontra Inggris pada Kamis 12 Juli dini hari WIB.

Beberapa pengamat sepak bola menilai, perjalanan Inggris sampai ke semifinal bukan sesuatu yang istimewa. Skuat asuhan Gareth Southgate tersebut padahal sempat dipaksa duel adu penalti dengan Kolombia di babak 16 besar.

Kemenangan 2-0 atas Belgia menjadi pembuktian Inggris kian mantap dalam duel udara dan eksekusi bola mati. Bahkan, gol yang dicetak Harry Maguire dan Dele Alli membuat The Three Lions mencetak lima dari 11 gol lewat duel udara.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Kroasia vs Inggris

Akan tetapi, semifinal pada dini hari nanti akan mempertemukan Inggris dengan lawan yang membuat perjalanan mereka bakal istimewa, yakni Kroasia. Meski berstatus underdog, Vatreni--julukan Kroasia punya catatan yang tidak kalah bagus dengan Inggris.


Kroasia sampai ke semifinal tanpa menelan kekalahan satu pun di fase grup. Bahkan, Mario Mandzukic cs sudah membuktikan diri sebagai lawan patut disegani dengan mengalahkan finalis Piala Dunia 2014, Argentina, lewat tiga gol tanpa balas di fase grup. 

Meski dinilai hampir sebanding, Kroasia akan dirugikan dengan absennya satu pemain utama. Ia adalah bek kanan dari klub Atletico Madrid, Sime Vrsaljko, yang absen karena cedera.

Baca: Sesumbar Kroasia Menatap Semifinal Piala Dunia

Absennya satu penggawa utama memang sangat menyulitkan terutama pada fase krusial saat ini. Belgia sudah menjadi korbannya pada dini hari tadi saat kehilangan Thomas Meunier yang menjalani akumulasi kartu.

The Red Devils harus menelan kekalahan pahit 0-1 dari Prancis. Roberto Martinez yang mencoba menambal posisi Meunier dengan Nacer Chadli, terbukti kurang efektif. Tidak terjadi umpan-umpan silang cantik dari sektor kanan.

Absennya Vrsaljko bisa sangat dimanfaatkan Inggris untuk mengeksploitasi sektor kanan Kroasia. Namun, keputusan Southgate untuk memilih sayap kiri yang tepat akan menjadi krusial. Sebab, mereka bisa memasang Ashley Young, Dele Alli, atau Danny Rose.

Pemain Kunci

Kroasia - Luka Modric

Beberapa kali serangan mengarah ke gawang Jordan Pickford dari arah tengah. Kelihaian Luka Modric akan sangat dibutuhkan untuk mengacak-ngacak pertahanan Inggris dari sektor tengah, atau langsung melakukan tembakan jarak jauh.

Gelandang Real Madrid tersebut mencetak gol terakhirnya lewat sebuah screamer atau tendangan jarak jauh ke gawang Argentina yang dijaga Willy Caballero. Manuver serupa diperkirakan bisa menjadi titik lemah Pickford.

Inggris - Dele Alli

Sektor kanan pertahanan Kroasia akan lebih mengendur menyusul absennya Sime Vrsaljko. Ini bisa menjadi kesempatan bagi Dele Alli yang kerap bergerak di sektor kiri Inggris untuk memanfaatkannya.

Gol Alli ke gawang Swedia dicetak dari sektor kanan pertahanan lawan. Memanfaatkan postur tubuhnya, gelandang Tottenham Hotspur tersebut akan sangat berguna untuk menjangkau umpan-umpan silang dari sayap kanan Inggris.

Prakiraan Susunan Pemain

Kroasia: Danijel Subasic; Ivan Strinic, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Vedran Corluka; Milan Brozovic, Ivan Rakitic, Luka Modric; Ivan Perisic, Ante Rebic, Mario Mandzukic.

Inggris: Jorda Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kierran Trippier, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane.

Prediksi Medcom.id: Kroasia 45:55 Inggris





(KAU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id