Piala Dunia 2018

13 Fakta Menarik setelah Prancis Menaklukkan Kroasia

Kautsar Halim 16 Juli 2018 01:10 WIB
piala dunia 2018
13 Fakta Menarik setelah Prancis Menaklukkan Kroasia
Antoine Griezmann merayakan golnya ke gawang Kroasia. (AFP PHOTO / FRANCK FIFE)
Moskow: Prancis berhasil memastikan diri sebagai juara Piala Dunia 2018. Prestasi itu mereka raih setelah menaklukkan Kroasia dengan skor telak, 4-2 pada fase final yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu 15 Juli.

Masing-masing gol kemenangan Prancis dicetak oleh Paul Pogba, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe serta gol bunuh diri Mario Mandzukic. Sementara itu, Kroasia sempat memperkecil kekalahan lewat gol Ivan Perisic dan Mandzukic.

Klik: Mario Kempes tak Menolak jika Diminta Latih Argentina


Tidak sering terdapat gol bunuh diri di sepanjang sejarah final Piala Dunia. Selain itu, adanya enam gol yang tercipta juga membuat laga Prancis kontra Kroasia menjadi salah satu pertandingan final tersubur di antara laga pamungkas Piala Dunia lainnya. 

Berikut kumpulan fakta menarik usai final Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Prancis vs Kroasia seperti dilansir dari Optajoe: 

1. Didier Deschamps menjadi orang ketiga yang pernah ikut menjuarai Piala Dunia sebagai pemain maupun pelatih. Sebelumnya ada Mario Zagallo dan Franz Beckenbauer.

2. Tidak ada satu pun tendangan Oliver Giroud yang mengarah ke gawang dalam kurun waktu 546 menit jam terbangnya di Piala Dunia 2018.

3. Mario Mandzukic adalah orang kedua yang pernah mencetak gol ke gawang lawan maupun timnya sendiri dalam sebuah pertandingan di Piala Dunia. Kejadian serupa hanya pernah dilakukan oleh Ernie Brandts saat membantu Belanda menghadapi Italia pada 1978 silam.

Klik: Ancaman Neymar!

4. Mario Mandzukic adalah orang kelima yang mampu mencetak gol di final Piala Dunia maupun Liga Champions. Namanya kini sejajar dengan Ferenc Puskas, Zoltan Czibor, Gerd Muller & Zinedine Zidane.

5. Kylian Mbappe yang berusia 19 tahun 207 hari merupakan pemain termuda kedua yang bisa mencetak gol di final Piala Dunia. Rekor pemain termudanya masih dipegang Pele yang mencetak gol untuk Brasil saat berusia 17 tahun 249 hari.  

6. Paul Pogba adalah pemain Liga Primer Inggris kedua yang mampu mencetak gol di final Piala Dunia. Tren positif serupa juga dilakukan oleh Emmanuel Petit yang juga membela Prancis pada 1998.

7. Paul Pogba adalah satu-satunya penggawa Manchester United yang bisa mencetak gol di final Piala Dunia 2018

8. Sepakan penalti Antoine Griezmann pada babak pertama merupakan tendangan mengarah gawang perdana yang dilancarkan Prancis saat menghadapi Kroasia.

9. Skor 2-1 atau terdapat tiga gol di babak pertama final Piala Dunia sungguh jarang terjadi. Momen serupa terakhir kali terjadi pada Piala Dunia 1974 dalam laga Jerman Barat vs Belanda.

10. Ivan Perisic telah terlibat dalam 11 gol Kroasia di berbagai turnamen utama. Tujuh di antaranya sebagai pencetak gol, sedangkan empat lainnya disumbangkan dalam bentuk assist.

11. Ditambah dengan gol Mandzukic ke gawang Kroasia, artinya terdapat 12 gol bunuh diri di sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Torehan ini sungguh di mengejutkan karena rekor gol bunuh diri terbanyak sebelumnya hanya sebanyak enam kali pada 1998.

12. Mario Mandzukic adalah satu-satunya pemain di dunia yang mencetak gol bunuh diri di final Piala Dunia.

13. Dejan Lovren sudah empat kali tampil di final turnamen bergengsi, yakni Liga Europa, Piala Liga, Liga Champions dan Piala Dunia. Namun sialnya, tak satupun gelar juara yang mampu ia raih.



(KAU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id