Babak 16-Besar Piala Dunia 2018

Kejutan, Rusia Singkirkan Spanyol dan Melaju ke Perempat Final

Rendy Renuki H 01 Juli 2018 23:58 WIB
piala dunia 2018
Kejutan, Rusia Singkirkan Spanyol dan Melaju ke Perempat Final
Selebrasi pemain Rusia Artem Dzyuba usai membobol gawang Spanyol yang dijaga David De Gea (AFP PHOTO / Juan Mabromata)
Moskow: Rusia membuat kejutan dengan menyingkirkan Spanyol di babak 16-besar Piala Dunia 2018, Minggu 1 Juli. Tim Beruang Merah melaju ke perempat final usai menang lewat adu penalti dengan skor 4-3 setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan perpanjangan waktu pada laga di Stadion Luzhniki.

Spanyol sempat membuka keunggual dari Rusia di babak pertama, tepatnya menit 12. Sergei Ignashevich membobol gawang sendiri setelah bola tendangan bebas Sergio Asensio mengenai tumitnya dan mengelabui kiper Igor Akinfeev.

Namun, Rusia mampu merespons dan membobol gawang Spanyol di menit 41 setelah mendapat hadiah penalti usai Gerard Pique melakukan handsball. Artem Dzyuba yang menjadi algojo sukses menaklukkan De Gea dan membuat skor 1-1 bertahan hingga turun minum.


Spanyol mencoba bermain lebih menekan di babak kedua dengan memasukkan Andres Iniesta dan Iago Aspas. Upaya Iniesta pun nyaris berbuah hasil di babak 85, sayang tembakannya mampu ditepis Akinfeev.

Klik: Indonesia Bungkam Laos di Laga Perdana Grup A


Rusia pun hampir mendapatkan tiket perempat final di pengujung laga setelah Fyodor Smolov nyaris membobol gawang De Gea. Namun, sepakannya masih menyamping tipis dari sasaran.

Hingga waktu normal 90 menit berakhir, skor 1-1 pun masih terus bertahan. Kedua tim terpaksa harus melanjutkan laga hingga babak perpanjangan waktu.

Kedua tim pun gagal mengembangkan permainan di dua kali babak perpanjangan waktu. Rusia yang bermain pragmatis membuat lini serang Spanyol terus mengalami kebuntuan dan membuat laga ditentukan lewat adu penalti.

Iniesta yang menjadi penendang pertama berhasil menaklukkan Akinfeev. Eksekusi Smolov pun berbuah gol walau sempat ditepis De Gea. Pique yang menjadi penendang kedua dengan tenang mengecoh Akinfeev, dan Ignashevich pun dengan dingin mengelabui De Gea.

Koke yang menjadi eksekutor ketiga Spanyol gagal mengemban tugasnya setelah sepakannya mampu dibaca dengan baik Akinfeev. Sedangkan Golovin mampu membobol De Gea lewat sepakan mendatar dan membuat skor menjadi 3-2 bagi Rusia.

Ramos yang menjadi eksekutor keempat spanyol berhasil mengecoh Akinfeev. Pun begitu dengan algojo keempat Rusia yakni Denis Cherishev mampu membuat gol dan membuat skor menjadi 4-3 bagi Rusia.

Langkah Spanyol di Piala Dunia 2018 dipastikan terhenti setelah eksekusi Iago Aspas mampu ditepis Akinfeev. Rusia pun lolos ke perempat final dan akan menghadapi pemenang antara Kroasia kontra Denmark.

Susunan pemain:

Spanyol: De Gea, Ramos, Pique, Alba, Nacho, Busquets, Koke, Isco, Silva, Asensio, Costa.

Rusia: Akinfeev, Kudryashov, Ignashevich, Fernandes, Kutepov, Zhirkov, Samedov, Zobnin, Kuzyaev, Golovin, Dzyuba. 

 



(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id