Timnas Peru

VAR Berguna tapi Bukan Solusi Sempurna

Riyan Ferdianto 21 Juni 2018 10:34 WIB
Timnas Peru
VAR Berguna tapi Bukan Solusi Sempurna
Ricardo Gareca (AFP PHOTO/ ANNE-CHRISTINE POUJOULAT )
Yekaterinburg: Pelatih Peru Ricardo Gareca mengatakan kesalahan wasit merupakan salah satu daya tarik pertandingan sepak bola. Ia juga menganggap penggunaan sistem video asisten wasit (VAR) adalah solusi yang berguna, tetapi bukan yang sempurna.

Peru dikalahkan 1-0 oleh Denmark dalam pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia. Tim asuhan Ricardo Gareca ini sejatinya mendapatkan kesempatan unggul lebih dulu andai Christian Cueva mampu menjalani eksekusi penalti dengan baik. Tapi bola hasil sepakannya melesat jauh di atas gawang Denmark.

Sebelum terjadinya penalti untuk Peru, wasit sempat berkonsultasi dengan menggunakan VAR sebelum dia membuat keputusan. "Kesalahan akan selalu terjadi. Itu salah satu atraksi sepak bola. Ini adalah perspektif pribadi saya," kata Gareca.


Klik di sini: Jadwal Siaran Langsung Pertandingan Piala Dunia Hari Ini

"Sepak bola terkait erat dengan kesalahan dan saya tidak berpikir ini VAR akan menjadi solusi sempurna. Ini hanyalah tambahan dan itu bisa membantu," terangnya.

"Bayangkan jika kita menyia-nyiakan tiga atau empat menit setiap kali kita menggunakan VAR untuk merespon protes pemain dan timnya. Anda bisa mulai meninjau hal-hal yang membosankan, tak terhingga. Secara potensial kita dapat meninjau sejumlah situasi," tambah Gareca.

Peru akan melakoni pertandingan kedua dengan menghadapi Prancis pada babak penyisihan Grup C, di Stadion Ekaterinburg, Kamis 21 Juni. Laga nanti menjadi kesempatan Peru untuk membuka peluang mereka lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.  (FourFourTwo)

Video:Suporter Jepang & Senegal Bersihkan Sampah di Stadion




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id