Bintang Laga: Sentuhan Efektif Cavani
Edinson Cavani. (AFP PHOTO / Fabrice COFFRINI)
Jakarta: Edinson Cavani punya peran besar saat Uruguay bentrok dengan Portugal pada babak 16 besar Piala Dunia 2018. Berkat gol serta pergerakannya, Uruguay berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor, 2-1.

Jalannya pertandingan babak 16 besar berlangsung menarik di Olimpiyskiy Stadion Fisht, Sochi, Minggu 1 Juli dini hari WIB. Portugal yang sukses mendominasi permainan malah harus angkat koper.

Portugal mampu mendominasi penguasaan bola hingga 67 persen dan terdapat 20 sepakan yang sempat dilancarkan para pemainnya. Namun, Uruguay hanya butuh tiga tembakan mengarah gawang saja untuk memenangkan laga.


Klik: Tanah Eropa yang Mematikan buat Argentina

Dua dari tiga tembakan para pemain Uruguay itu dilancarkan oleh Cavani ketika laga baru bergulir tujuh menit dan pada menit ke-62. Dua kesempatan itu tidak disia-siakan karena langsung efektif atau berbuah menjadi gol.

Gol pertamanya tercipta dengan sundulan setelah memanfaatkan umpan silang Luis Suarez. Proses gol ini cukup menarik karena tidak ada pemain Uruguay lainnya yang berada di wilayah pertahanan Portugal. 

Klik: Sepasang Gol Cavani antar Uruguay ke Perempat Final

Gol kedua Cavani bisa dibilang lebih krusial karena tercipta setelah Pepe menyamakan kedudukan lewat sundulannya pada menit ke-55. Saat itu, Cavani hanya butuh waktu tujuh menit untuk mengembalikan keunggulan menjadi 2-1 yang bertahan hingga laga berakhir.

Sejatinya, Cavani hanya menguasai bola sebanyak 1,9 persen dari 33 persen  penguasaan bola yang seluruh pemain Uruguay. Namun, pergerakan Cavani sulit dibaca bek Portugal dan penyelesaian akhirnya pun sangat mematikan.

Dengan adanya sepasang gol di laga kontra Portugal ini, artinya Cavani sudah mengoleksi tiga gol untuk Uruguay. Sebiji gol lainnya sempat ia ciptakan ketika Uruguay membantai tuan rumah Rusia dengan skor 3-0 pada laga pamungkas Grup A. 

Berikut statistik Cavani dalam laga kontra Portugal seperti dilansir Whoscored:

Rating: 8,84
Total Tembakan: 3
On Target: 2
Penguasaan Bola: 1,9%
Sentuhan Bola: 31
Total Passing: 15
Akurasi Passing: 73%
Menang Duel Udara: 2

 



(KAU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id