Jelang Belgia vs Jepang

Prediksi Belgia vs Jepang: Asa Wakil Asia di Tangan Raksasa Eropa

M. Rizky Adhestian 02 Juli 2018 16:50 WIB
piala dunia 2018timnas belgiaTimnas Jepang
Prediksi Belgia vs Jepang: Asa Wakil Asia di Tangan Raksasa Eropa
Skuat Timnas Belgia (Foto: AFP PHOTO / Filippo MONTEFORTE)
Rostov-na-Donu: Asia menyisakan satu wakilnya di tanah Eropa pada Piala Dunia 2018. Adalah Jepang yang akan berhadapan dengan generasi emas Belgia pada babak 16 besar Selasa 3 Juli dini hari WIB nanti di Rostov Arena.

Tiga wakil Eropa dan satu wakil Amerika Latin sudah memastikan kedua kakinya di babak delapan besar. Tuan Rumah Rusia dengan susah payah menyeret Spanyol untuk dikalahkan lewat adu penalti 2 Juli kemarin. Hal yang sama juga dilakukan Kroasia untuk menyingkirkan Denmark pada laga setelahnya.

Dini hari nanti, Jepang akan mendapat giliran untuk membuktikan mereka bisa memutus dominasi negara Eropa. Namun, Samurai Biru tetap akan menyandang status underdog.

Baca: Prediksi Brasil vs Meksiko: Tim Samba Bisa Kesulitan

Jepang sebelumnya lolos ke babak 16 besar dengan sangat beruntung. Setelah jumlah poin, gol, kebobolan yang sama dan head-to-head imbang dengan Senegal, mereka lolos berkat penilaian Fair Play. Shinji Kagawa cs mengoleksi kartu kuning lebih sedikit dari Senegal.


Melawan Belgia nanti, Jepang diperkirakan kembali turun dengan kekuatan penuh. Pasalnya, pada laga terakhir saat mereka dikalahkan 0-1 Polandia, Akira Nishino menyimpan beberapa bintang Jepang di bangku cadangan. Mereka adalah Shinji Kagawa, Keisuke Honda, Takashi Inui, dan kapten Makoto Hasebe.

Belgia sendiri mempunyai catatan yang berbanding jauh dengan Jepang sejak awal Piala Dunia. The Red Devils punya kesempurnaan poin pada fase penyisihan, dengan total mencetak sembilan gol dan hanya kebobolan dua kali. 

Baca: Akira Nishino Bicara Kans Jepang Lolos Perempat Final

Jepang pada fase grup hanya meraih satu kemenangan, satu imbang dan sekali kalah. Memiliki empat gol memasukan dan empat kali kebobolan.

Di setiap lininya, Belgia juga diperkuat dengan pemain-pemain berkualitas lebih tinggi dari Jepang. Kini sisanya tergantung Roberto Martinez. Pelatih asal Spanyol itu harus bisa mempertahankan permainan tim untuk lebih dominan, ketimbang egoisme para bintangnya.

Selain itu, Belgia terakhir juga mampu membungkam Inggris 1-0 dengan tim yang didominasi lapis keduanya. Hal tersebut menunjukkan perbedaan signifikan kualitas pemain cadangan sang raksasa Eropa dengan Jepang.

Baca: Sempat Kalah dari Belgia, Inggris Disebut tidak Kehilangan Momentum

Head-to-Head

Sejak 2002, Belgia dan Jepang sudah pernah bertemu sebanyak empat kali. Dalam empat pertemuan itu, Jepang meraih dua kemenangan dan Belgia satu kemenangan. Berikut hasil lengkapnya.

04/06/2002 Jepang 2:2 Belgia (Piala Dunia)
31/05/2009 Jepang 4:0 Belgia (Laga Persahabatan)
19/11/2013 Belgia 2:3 Jepang (Laga Persahabatan)
14/11/2017 Belgia 1:0 Jepang (Laga Persahabatan)

Pemain Kunci

Romelu Lukaku

Roberto Martinez sebelumnya menyebut Romelu Lukaku sudah fit dan siap merumput lagi setelah mengalami cedera pergelangan kaki. Kehadiran striker Manchester United tersebut di lini depan Belgia terbukti berdampak sangat efektif dengan torehan empat gol dalam dua pertandingan terakhirnya. 

Lukaku saat ini berada di urutan kedua dalam perebutan sepatu emas Piala Dunia 2018. Striker berusia 25 tahun itu hanya tertinggal satu gol dari Harry Kane. Posisinya juga aman setelah Cristiano Ronaldo yang juga mengoleksi empat gol resmi tersingkir bersama Timnas Portugal.

Eden Hazard

Selain Lukaku, Eden Hazard menjadi penyumbang gol terbesar kedua di Timnas Belgia. Gelandang Chelsea itu sudah membukukan dua gol dan satu assist dalam dua laga penyisihan grup.

Hazard sebelumnya dikabarkan mengalami cedera ringan pada laga terakhirnya melawan Tunisia 23 Juni lalu dan harus ditarik keluar pada menit 51. Namun, pemain berusia 27 tahun itu diperkirakan akan tetap memperkuat Belgia dini hari nanti.

Takashi Inui

Takashi Inui bisa dibilang salah satu pemain yang paling menonjol dari kubu Jepang saat ini. Satu gol dan satu assist sudah ia sumbangkan di fase penyisihan grup. Namun, pada laga terakhir Jepang melawan Polandia, pemain Eibar itu harus memulai dari bangku cadangan.

Keisuke Honda

Pada tiga pertandingan di fase grup, Nishino tidak pernah memercayakan Keisuke Honda untuk menjadi starter. Namun, kondisi tersebut tidak menghambat eks pemain AC Milan itu untuk memberi dampak besar bagi timnas Jepang. Ia juga berhasil menyelamatkan Jepang dari kekalahan saat ditahan imbang 2-2 Senegal.

Prakiraan Susunan Pemain

Belgia: Thibaut Curtois; Jan Vertonghen, Dedryck Boyata, Toby Alderweireld; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Thomas Meunier, Yannick Carrasco; Dries Mertens, Eden Hazard, Romelu Lukaku.

Jepang: Eiji Kawashima; Hiroki Sakai, Gen Shoji, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki, Shinji Kagawa; Takashi Inui, Genki Haraguchi, Yuya Osako.

Prediksi Medcom.id

Belgia 60:40 Jepang

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Suguhan Kuliner dan Belanja Oleh-oleh di Jalan Arbat, #SalamdariRusia
 



(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id