Timnas Rusia

Mengenal Igor Akinfeev, Kiper yang Mengubur Mimpi Spanyol

Alfa Mandalika 02 Juli 2018 12:16 WIB
piala dunia 2018timnas rusia
Mengenal Igor Akinfeev, Kiper yang Mengubur Mimpi Spanyol
Aksi kiper Rusia, Igor Akinfeev menghalau sepakan penggawa Spanyol. (Foto: AFP/Mladen Antonov)
Moskow: Timnas Rusia mencatatkan sejarah. Mereka pertama kalinya lolos ke babak perempat final Piala Dunia sejak Piala Dunia 1970 di Meksiko.

Pada laga melawan Spanyol tadi malam, Rusia mampu menahan imbang juara dunia 2010 dengan kedudukan 1-1. Bahkan, pertandingan harus dilanjutkan sampai babak adu penalti.

Kiper Rusia Igor Akinfeev, keluar sebagai pemain terbaik. Bagaimana tidak. Kiper 32 tahun itu berhasil menghalau dua tendangan penalti penggawa La Furia Roja.


Pertama, Akinfeev menghalau sepakan gelandang Ateltico Madrid, Koke. Lalu, pada kesempatan kedua, Akinfeev menahan tendangan Iago Aspas menggunakan kaki kirinya, meski sempat terkecoh.

Sontak, publik Luzhniki Stadium bersorak gembira menyambut kemenangan tersebut. Rusia menang dengan kedudukan penalti 4-3. Selanjutnya, Rusia akan menantang Kroasia yang berhasil menyingkirkan Denmark.

Baca: Fakta Menarik usai Rusia Singkirkan Spanyol


Akinfeev impresif
Situs yang mencatat statistik pemain, Who Scored, memberikan nilai sembilan kepada Akinfeev. Catatan Who Scored, Akinfeev melakukan sembilan penyelamatan sepanjang laga yang berjalan 120 menit.

Sepanjang Piala Dunia, Akinfeev kebobolan lima gol pada laga normal. Akinfeev sempat memungut bola dari gawang sebanyak tiga kali saat menghadapi Uruguay pada laga terakhir penyisihan grup.

Namun, mental Akinfeev tak terpengaruh saat bersua melawan Spanyol pada babak 16 besar. Terbukti, dia tak minder saat menjalani babak adu penalti.

Kini, tantangan berat akan dihadapi Akinfeev. Mereka akan menghadapi Kroasia yang dikenal punya lini tengah nomor wahid dunia. Apakah kiper yang mengubur mimpi Spanyol tampil brilian lagi? kita tunggu saja.

Tak tergantikan di CSKA Moskow
Bakat Akinfeev sebagai penjaga gawang sudah dibaca oleh sang ayah. Tak ragu, Akinfeev akhirnya dimasukan ke sekolah olahraga CSKA sejak berusia empat tahun.

Kiper yang lahir pada 8 April 1986 itu akhirnya fokus berlatih sebagai penjaga gawang sejak berlatih pada kesempatan kedua. Saat membela CSKA Moskow junior, dia memenangkan Kejuaraan Junior di Rusia pada 2002.

Pria yang lahir di kota Vidnoye, Moskow itu terus membela CSKA sampai level senior. Pada laga debutnya, Akinfeev baru berusia 16 tahun. Namun, Akinfeev sudah menepis tendangan penalti dan mencatatkan clean sheet saat melawan FC Krylia Sovetov Samara.

Sejak saat itu, Akinfeev kerap menjadi pilihan utama CSKA. Tercatat, sudah 500 lebih pertandingan resmi yang dimainkan oleh Akinfeev untuk CSKA. Dia memenangkan enam gelar Liga Primer Rusia, enam Piala Rusia, dan Piala UEFA pada 2005.

Di level tim nasional, Akinfeev membela Rusia sejak 2004. Tercatat, dia sudah memenangkan 100 pertandingan. Sejak tahun lalu, Akinfeev ditunjuk sebagai kapten timnas.

Apakah Akinfeev akan memimpin Rusia meraih trofi Piala Dunia di depan publik sendiri? kita masih harus menunggu.

Profil Igor Akinfeev
Nama: Igor Vladimirovich Akinfeev
Tempat dan tanggal lahir: Vidnoye, Rusia 8 April 1986
Tinggi: 185 cm
Klub: 
CSKA Moscow junior (1991 -- 2002)
CSKA Moscow (2003 -- sekarang)

Timnas Rusia U-21 (2002 -- 2005)
Timnas Rusia (2004 --  sekarang)

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Suguhan Kuliner dan Belanja Oleh-oleh di Jalan Arbat, #SalamdariRusia



(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id