Jelang Jerman vs Korea Selatan

Prediksi Korsel vs Jerman: Der Panzer Memutus Tren Negatif Juara Bertahan

M. Rizky Adhestian 27 Juni 2018 15:28 WIB
timnas jermanpiala dunia 2018Timnas Korea Selatan
Prediksi Korsel vs Jerman: Der Panzer Memutus Tren Negatif Juara Bertahan
Skuat Jerman. (Foto: AFP/Patrik Stollarz)
Kazan: Putaran terakhir Grup F Piala Dunia 2018 akan sangat ditunggu seluruh pasang mata pecinta sepak bola. Laga Korea Selatan kontra Jerman pada Rabu 27 Juni di Kazan Arena nanti malam akan menjadi panggung penentuan hidup mati bagi kedua tim.

Jerman berpeluang besar memutus tradisi juara bertahan yang gugur lebih awal pada fase grup sejak 2006. Di sisi lain, Korea Selatan masih berkesempatan menjadi wakil Asia pertama yang lolos ke babak 16 besar.

Skuat Joachim Loew baru mengamankan tiga poin menyusul kekalahan 0-1 dari Meksiko dan kemenangan 2-1 atas Swedia pada dua laga sebelumnya. Kesempatan menyusul Meksiko ke fase knockout bisa terwujud bila mereka menang atas Korea Selatan.


Akan tetapi, Jerman merugi besar karena tidak bisa menurunkan salah satu bek utamanya, Jerome Boateng. Pilar pertahanan Bayern Muenchen itu menjalani hukuman kartu merah yang didapatnya pada laga terakhir melawan Swedia.

Sementara itu, kemenangan dengan minimal selisih dua gol atas Jerman akan mampu meloloskan Son Heung-Min cs dari fase grup. Namun, itu juga tergantung apabila Meksiko sukses mengalahkan Swedia pada waktu yang bersamaan.

Dari kedudukan klasemen Grup F saat ini, Jerman berada di posisi kedua sudah meraih tiga poin dengan dua gol dan dua kali kebobolan. Torehan tersebut sama persis dengan Swedia di urutan ketiga, namun mereka unggul head-to-head.

Korea Selatan berada di urutan terakhir tanpa raihan poin menyusul kekalahan 0-1 dari Swedia dan 1-2. Tim besutan Shin Tae-Yong tersebut juga minus dua selisih gol.

Di atas kertas, Jerman memang lebih diunggulkan dari Korea Selatan. Hal tersebut terlihat jelas dari produktivitas gol dan raihan poin dari dua laga terakhir. Mayoritas pemain Jerman memiliki jam terbang lebih banyak di Piala Dunia.

Baca: Legitimasi Karya Seni dalam Sepotong Jersey


Pemain Kunci
Toni Kroos
Kemenangan dramatis atas Swedia pada laga terakhir Jerman menunjukkan betapa krusialnya peran Toni Kroos. Gelandang Real Madrid itu mampu memberikan gol dari eksekusi bola mati, bahkan dari sudut yang terlihat sulit. Selain itu Kroos juga aktif memberikan umpan-umpan berbahaya ke lini depan Jerman.

Eks pemain Bayern Muenchen itu memang menyandang status pemain veteran di timnas Jerman. Kroos sudah terlibat dalam tiga Piala Dunia bersama Jerman sejak debutnya pada 2010. Pemain berusia 28 tahun itu sudah mencetak tiga gol dan empat assist dari total 13 penampilan di ajang terbesar sepak bola FIFA tersebut.

Marco Reus
Marco Reus mampu membuktikan diri menjadi pencetak gol pertama bagi Jerman di Piala Dunia 2018. Kapten Borussia Dortmund itu dipercaya menjadi starter menggantikan Mesut Oezil pada laga kontra Swedia.

Piala Dunia 2018 juga menjadi Piala Dunia pertama bagi Reus. Sebelumnya, pemain berusia 29 tahun itu membantu Jerman dalam kualifikasi Piala Dunia 2014, namun gagal masuk skuat karena cedera pada laga uji coba terakhir. Cedera akut juga membuatnya kembali gagal membela timnasnya pada Euro 2016.

Son Heung-Min
Bermain di klub besar Liga Primer Inggris, Tottenham Hotspur, membuat Son Heung-Min menjadi pemain paling disorot di Timnas Korea Selatan. Namun, kiprahnya sebagai bintang baru mampu memberikan satu gol pada kekalahan 1-2 atas Meksiko pada laga terakhir.

Meski begitu, Son masih menjadi perhatian khusus bagi pertahanan klub lawan. Dilansir Whoscored, pemain berusia 25 tahun itu mampu melaukan delapan tembakan dengan 91,2% umpan sukses pada laga kontra Meksiko. Pada laga itu juga, Tae-Yong mengangkat Son dari sayap menjadi striker tengah, menggantikan posisi Kim Shin-Wook sebelumnya.

Ki Sung-Yeung
Jantung lapangan tengah Korea Selatan sangat bergantung dengan pengalaman Ki Sung-Yeung. Gelandang Swansea City tersebut kerap andil mengambil peran dalam penyerangan dan pertahanan dari tengah. 

Yeung yang mengemban ban kapten Korea Selatan sejauh ini mencatatkan tujuh intercept atau perebutan bola sukses pada dua laga terakhir. Akurasi umpannya juga mencapai 93,7%.

Prakiraan Susunan Pemain
Korea Selatan:
Cho Hyun-Woo; Lee Yong, Jang Hyun-Soo, Kim Young-Gwon, Kim Min-Woo; Ju Se-Jong, Ki Sung-Yeung, Lee Jae-Sung; Hwang Hee-Chan, Moon Seon-Min, Son Heung-Min.

Jerman: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Mats Hummels, Antonio Ruediger, Jonas Hector; Ilkay Guendogan, Toni Kroos, Marco Reus; Thomas Mueller, Timo Werner, Mario Gomez.

Catatan Pertemuan
27/06/1994 (Piala Dunia): Jerman 3:2 Korea Selatan
25/06/2002 (Piala Dunia): Jerman 1:0 Korea Selatan
19/12/2004 (Persahabatan) Korea Selatan 3:1 Jerman

Prediksi Medcom.id: Korsel 40-60 Jerman

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Salam dari Rusia, Jalan-jalan di Krasnaya Ploshad



(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id