Xherdan Shaqiri mencetak gol penentu kemenangan Swiss atas Serbia. (AFP PHOTO / Pascal GUYOT)
Xherdan Shaqiri mencetak gol penentu kemenangan Swiss atas Serbia. (AFP PHOTO / Pascal GUYOT)

Gol Telat Shaqiri Bantu Swiss Taklukkan Serbia

Bola piala dunia 2018
Kautsar Halim • 23 Juni 2018 03:21
Kaliningrad: Serbia gagal lolos lebih cepat dari fase Grup E Piala Dunia 2018. Itu terjadi setelah mereka ditaklukkan Swiss dengan skor 1-2 pada laga kedua di Stadion Kalingrad, Sabtu 23 Juni dini hari WIB.
 
Serbia yang sukses menaklukkan Kosta Rika pada laga pertama hanya perlu satu kemenangan lagi untuk melaju ke babak 16 besar. Namun, hal itu tak dibiarkan terjadi karena Swiss juga butuh kemenangan untuk menjaga asa.
 
Klik:Selebrasi Gol dan Evolusi Keindahan Sepak Bola
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan tugas mudah bagi Swiss untuk menaklukkan Serbia. Bahkan, Rossocrociati--julukan Swiss sempat tertinggal lebih dulu pada babak pertama. Beruntung, Xherdan Shaqiri bisa membalikkan keadaan menjelang laga berakhir.
 
Gol keunggulan Serbia dicetak Aleksandar Mitrovic dengan sundulan saat pertandingan baru bergulir lima menit. Lahirnya gol itu tak lepas dari peran Dusan Tadic yang memberikan umpan silang akurat.
 
Para pemain Swiss sudah berupaya keras mengejar ketertinggalan dengan meningkatkan intensitas serangan. Namun, mereka selalu gagal memanfaatkan peluang hingga babak pertama berakhir.
 
Setelah berkali-kali menggedor pertahanan Serbia, gol balasan yang ditunggu-tunggu Swiss baru lahir pada menit ke-52. Gol itu dicetak Granit Xhaka secara spektakuler dengan tendangan keras dari luar kotak penalti.
 
Klik:Pariwisata Olahraga dan Mimpi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia
 
Kepercayaan diri para pemain Swiss langsung meningkat setelah munculnya gol penyeimbang itu. Ritme pertandingan berhasil mereka buat makin cepat dan berbagai peluang emas pun kembali tercipta.
 
Serbia yang berinisiatif tampil menyerang karena sedang tertinggal malah kembali kecolongan pada menit ke-90. Saat itu, Shaqiri mencetak gol penentu Swiss lewat serangan balik yang didukung assist Mario Gavranovic.
 
Tidak banyak yang bisa dilakukan Serbia ketika tertinggal dalam waktu yang makin sempit. Skor 1-2 untuk kemenangan Swiss tetap bertahan hingga laga berakhir.
 
Swiss langsung naik ke posisi dua klasemen sementara setelah meraih kemenangan atas Serbia. Mereka sudah memiliki 4 poin dan tetap berpeluang merebut dua tiket babak 16 besar yang masih tersedia.
 
Tapi, Serbia juga belum gugur. Pintu babak 16 besar masih terbuka asal mereka bisa menaklukkan Brasil pada laga pamungkas dan Kosta Rika tidak membiarkan Swiss menang.
 
Susunan Pemain
 
Serbia (4-2-3-1): Stojkovic; Ivanovic, Milenkovic, Tosic, Kolarov; Matic, Milivojevic (Radonjic 81'); Tadic, Milinkovic-Savic, Kostic (Ljajic 64'); Mitrovic
 
Swiss (4-3-3): Sommer; Lichtsteiner, Schar, Akanji, Rodriguez; Behrami, Xhaka; Shaqiri, Dzemaili (Embolo 73'), Zuber (Drmic 93'); Seferovic (Gavranovic 46')

 

(KAU)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi