Pelatih Swiss Minta Pemainnya Tidak Lakukan Selebrasi Kontroversial

Gregah Nurikhsani Estuning 23 Juni 2018 18:06 WIB
piala dunia 2018timnas swiss
Pelatih Swiss Minta Pemainnya Tidak Lakukan Selebrasi Kontroversial
Shaqiri. (Foto: AFP PHOTO / Patrick HERTZOG)
Kaliningrad: Pelatih dan federasi sepak bola Swiss mengimbau agar para pemainnya tidak melakukan selebrasi kontroversial di Piala Dunia 2018. Sepak bola sepatutnya menjadi ajang untuk meluapkan emosi positif, bukan sebaliknya.

Pada laga lanjutan Piala Dunia antara Swiss kontra Serbia, gelandang Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka melakukan selebrasi 'double eagle'. Gestur tersebut melambangkan logo atau bendera Albania.

Maksud dari selebrasi itu merupakan bentuk dukungan Xhaka dan Shaqiri terhadap tanah kelahirannya, yakni Albania, yang dulu pernah mendapatkan tekanan militer oleh Serbia.


Tak pelak, apa yang dilakukan kedua pemain menuai kritik dan kontroversi, termasuk dari pelatihnya sendiri, Petkovic. Xhaka, Shaqiri, dan pemain lain diminta tidak lagi menunjukkannya di sebuah pertandingan.

"Anda tidak boleh mencampuradukkan politik dengan sepak bola. Penting sekali menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan rispek. Seharusnya sepak bola adalah tentang atmosfer dan emosi positif," kata Petkovic.

"Ini bukan cuma saya yang mengimbau, seluruh federasi dan seluruh dunia sudah menekankan bahwa tindakan seperti itu tidak seharusnya dilakukan di ranah sepak bola," tambah Petkovic lagi.

Menariknya, kapten Swiss, Stephan Lichtsteiner menganggap apa yang dilakukan rekan setimnya bisa dimaklumi. Sepak bola, menurut bek kanan itu, lebih dari sekadar permainan.

"Di Swiss banyak darah Albania, jadi banyak juga nilai historis antara Seria dan Albania. Di sini, mental yang berbicara," kata Lichtsteiner kepada Goal.

"Peperangan antara mereka (Serbia dan Albania) sulit diungkapkan dengan kata-kata. Saya pernah berbicara dengan ayah salah satu pemain di sini yang berdarah Albania, ia banyak cerita soal sejarahnya. Jadi, ini lebih dari sekadar sepak bola. Saya bisa memahami emosi yang meluap, saya mengerti, wajar karena itu bagian hidup mereka," pungkasnya.

Video: Salam dari Rusia, Jalan-jalan di Krasnaya Ploshad
 



metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id