Peran Psikolog di Balik Sukses Swedia
Daniel Ekvall (kanan) saat berbincang dengan pelatih Timnas Swedia, Janne Andersson (Foto: Devdiscourse)
MOSKOW: Perjalanan Swedia menuju Piala Dunia mengejutkan banyak pihak. Bukan hanya menumbangkan Italia di babak play-off. Mereka juga mampu lolos dari grup F sebagai juara grup, membenamkan juara bertahan Jerman di posisi buncit pada prosesnya.

Lantas, apa rahasia di balik kesuksesan tim berjuluk Blagut (biru-kuning) ini? Jawabannya adalah kebersamaan tim yang kuat.

Mengenai hal ini, ada satu sosok yang punya peran krusial dalam membangun rasa kebersamaan di dalam tim Swedia. Ia adalah Daniel Ekvall, penasehat psikologis Timnas Swedia.
 

Baca: Ragam Persiapan Inggris jika Terjadi Adu Penalti


Ia dipuji karena mampu memulihkan mental bertanding Emil Forsberg dkk. Salah satunya ketika Swedia berada dalam posisi sulit usai dikalahkan Jerman di pertandingan kedua grup.


Saat itu, banyak yang berpikir Swedia akan tersingkir karena di pertandingan terakhir mereka harus bisa mengalahkan pemuncak klasemen, Meksiko, yang sudah dipastikan lolos. Sementara di sisi lain, Jerman hanya akan menghadapi Korea Selatan, tim yang dianggap paling lemah di Grup F.

Berkat jasa Ekvall, para penggawa Swedia tetap mampu menyimpan rasa optimistis mereka hingga akhirnya sukses membungkam Meksiko (3-0) dan melenggang ke babak 16 besar dengan status juara grup.  

"Saya melayani sesi individu dan kelompok. Dari apa yang pemain katakan pada sesi tersebut, saya membentuk mental yang dibutuhkan untuk pertandingan, dan kami evaluasi setelah pertandingan,” jelas Ekvall.

Yang dilakukan Ekvall adalah membentuk gambaran mental dari apa yang para pemain inginkan dari diri mereka. Hal itu membuat tim Swedia memiliki kerja sama tim yang solid, serta komunikasi yang bagus. Selain itu ia juga bekerja dengan Janne Andersson, pelatih Swedia, untuk membangun kepemimpinan yang efektif.
 

Baca juga: Ashley Young Siap Eksekusi Penalti


Pekerjaan Ekvall juga diakui oleh Andreas Granqvist, kapten Swedia, sebagai komponen kunci terhadap kesuksesan Swedia dalam mengarungi Piala Dunia kali ini.

"Saya menyadari betul bahwa kami melakukannya bersama, bekerja bersama staf kepelatihan, juga pemain. Tapi tentu saja saya senang jika mereka menganggap saya sebagai kepingan puzzle yang penting,” tandas Ekvall.

Peran Ekvall akan kembali dibutuhkan Swedia jelang laga melawan Swiss di babak 16 besar, Selasa 3 Juli malam nanti. Jika mampu melewati adangan Swiss, Swedia akan mencatatkan rekor untuk kali pertama lolos ke perempat final sejak terakhir kali finis di posisi tiga pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Belanja Sebelum Nonton Pertandingan di Fan Fest Luzhniki, #SalamdariRusia




(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id