Babak 16 Besar PIala Dunia 2018

Fakta-fakta Menarik Usai Uruguay Tundukkan Portugal

Kautsar Halim 01 Juli 2018 04:59 WIB
piala dunia 2018
Fakta-fakta Menarik Usai Uruguay Tundukkan Portugal
Selebrasi kemenangan para suporter Uruguay. (AFP PHOTO / PIERRE-PHILIPPE MARCOU)
Jakarta: Pertandingan Uruguay kontra Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2018 tidak hanya menyuguhkan tontonan menawan. Pasalnya, terdapat sejumlah fakta seputar pertandingan juga menarik untuk disimak.

Uruguay keluar sebagai pemenang dengan skor tipis, 2-1. Jalannya pertandingan berlangsung dramatis karena Uruguay tetap menang, meskipun Portugal mampu menyamakan kedudukan dan mendominasi penguasaan bola.

Klik: Tanah Eropa yang Mematikan buat Argentina


Edinson Cavani langsung membawa Uruguay unggul ketika laga baru bergulir tujuh menit. Bek Portugal, Pepe, memang berhasil membuat kedudukan imbang pada menit ke-55. Namun, Cavani malah mencetak gol keduanya berselang tujuh menit kemudian.

Portugal berupaya sekuat tenaga untuk mengejar ketertinggalan di sisa waktu babak kedua. Cristiano Ronaldo sudah terlihat tampil lebih agresif. Kemudian, Ricardo Quaresma dan Andre Silva juga sudah dimainkan oleh pelatih Fernando Santos.

Tapi, Uruguay mampu membuktikan diri sebagai tim yang punya pertahanan kokoh. Alhasil, gawang Uruguay tidak kebobolan lagi meskipun selalu digempur hingga peluit panjang berbunyi.

Berikut fakta-fakta menarik usai Uruguay menundukkan Portugal seperti dilansir dari Optajoe: 
 
- Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi memang belum pernah mencetak gol di seluruh fase gugur Piala Dunia. Ronaldo sudah tampil di enam laga, sedangkan Messi delapan laga.

- Cristiano Ronaldo sempat melancarkan enam tembakan saat menghadapi Uruguay. Namun, hanya satu saja yang mengarah ke gawang.

- Tiga gol dalam laga Uruguay vs Portugal telah membuat jumlah gol hari pertama babak 16 besar Piala Dunia 2018 menjadi 10 gol. Sebelumnya ada laga Prancis kontra Argentina yang berkesudahan dengan skor, 4-3.

- 10 gol tersebut hampir menyamai rekor jumlah gol terbanyak fase gugur pada 17 Juni 1970. Saat itu, terdapat 11 gol dari dua laga semifinal yang dilangsungkan.

- Gol Pepe telah mengakhiri rekor Uruguay yang tidak pernah kejebolan selama 597 menit. Uruguay terakhir kali kebobolan saat kalah dari Austria 2-1 pada November 2017.

- Terdapat 24 sentuhan Cristiano Ronaldo di sepanjang babak pertama. Tapi, tak satupun sentuhan CR7 yang terjadi di area penalti.  

- Assist untuk Edinson Cavani merupakan satu-satu operan akurat yang dilancarkan Luis Suarez di sepanjang babak pertama.

- Kerjasama Luis Suarez dengan Edinson Cavani sudah melahirkan empat gol di semua kesempatan event Piala Dunia. Jumlah tersebut hampir menyamai rekor Grzegorz Lato dan Andrzej Szarmach (Polandia) yang mengoleksi 5 gol sejak 1966.

- 12 dari 44 gol yang disumbangkan Edinson Cavani untuk Uruguay tercipta berkat assist Luis Suarez. 




(KAU)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id