Drama di Ujung Laga, Brasil Petik Tiga Angka
Skuat Brasil. (Foto: Lucas Figueiredo / CBF.com.br / twitter/CBF_Futebol)
St. Petersburg: Drama mewarnai laga Brasil kontra Kosta Rika pada lanjutan Grup E Piala Dunia 2018, Jumat 22 Juni malam WIB. Gol Philippe Coutinho dan Neymar da Silva yang tercipta di ujung laga sukses membawa tim samba menang 2-0.

Brasil hampir saja tertinggal lebih dulu berkat upaya Celso Borges menit 13. Bermula dari akselerasi Cristian Gamboa, bola dikirimnya kepada Borges. Akan tetapi, tendangannya menyamping di sisi kiri kiper Alisson Becker.

Tim Samba sebetulnya mampu mencetak gol menit 26 melalui usaha Jesus usai memanfaatkan umpan Marcelo. Sayang, wasit garis telah mengangkat bendera terlebih dahulu tanda offside.


Memasuki babak kedua, pelatih kepala Tite mencoba peruntungan dengan menarik keluar Willian dan memasukkan Douglas Costa. Gelandang serang Juventus itu mampu menyegarkan serangan Brasil berkat manuvernya di sayap kanan.

Di babak pertama, serangan Brasil memang lebih banyak bertumpu pada Marcelo dan Neymar yang berada di sisi kiri. Costa yang menyisir sisi kanan membuat serangan menjadi lebih variatif.

Memasuki menit 55, serangan Brasil semakin trengginas. Navas harus pontang-panting menjaga jala gawangnya agar tetap perawan sepanjang pertandingan. Satu penyelamatan terbaiknya adalah ketika menahan tembakkan Paulinho dari dalam kotak penalti.

Tite kembali melakukan pergantian pemain. Tak tanggung-tanggung, Roberto Firmino, penyerang lubang, masuk menggantikan Paulinho, gelandang box-to-box. Ini mengindikasikan bahwa Brasil ingin menambah daya dobrak di 20 menit terakhir.

Drama kedua pada laga tersebut terjadi menit 78. Wasit menunjuk titik putih kala Neymar terlihat dijatuhkan oleh Giancarlo Gonzales di kotak terlarang. Keputusan tersebut memicu protes dari para pemain Kosta Rika dan meminta wasit meninjau lagi lewat VAR.

Benar saja, wasit membatalkan keputusannya dan Kosta Rika selamat dari hukuman penalti. Neymar dianggap mendapat sentuhan yang terlalu ringan.

Sesaat setelah ofisial keempat memberikan tambahan waktu enam menit, petaka buat Kosta Rika terjadi. Coutinho yang menjadi motor serangan Brasil akhirnya berhasil membobol gawang Navas yang tak tersentuh sepanjang 90 menit plus satu.

Bermula dari umpan Marcelo, bola diterima oleh Firmino dengan tandukannya. Coutinho yang datang dari second line menyambar bola dan dengan cerdik menempatkannya melalui kolong Navas. Brasil unggul 1-0.

Skor bertambah menjadi 2-0 setelah Neymar mencetak gol ke gawang Kosta Rika. Akselerasi Costa di kiri pertahanan lawan diakhiri dengan umpan akurat ke tengah kotak penalti. Neymar yang berdiri tanpa kawalan berarti tanpa kesulitan menutup pesta kemenangan dramatis Brasil.

Video: Salam dari Rusia, Jalan-jalan di Krasnaya Ploshad
 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id