Bola La Liga. (GABRIEL BOUYS / AFP)
Bola La Liga. (GABRIEL BOUYS / AFP)

La Liga Masih Berpotensi Dihadiri Suporter

Bola liga spanyol
Kautsar Halim • 04 Juni 2020 06:01
Jakarta: Kementerian Kesehatan Spanyol tengah mempertimbangkan kehadiran penonton di stadion saat La Liga dilanjutkan pada 11 Juni mendatang. Sebelumnya, kompetisi terhenti sekitar tiga bulan karena pandemi covid-19.
 
Dilansir Reuters, Rabu 3 Juni, Koordinator Kesehatan Gawat Darurat Fernando Simon menjelaskan bahwa wilayah-wilayah yang masuk kelonggaran karantina wilayah fase tiga hanya diizinkan menggelar pertandingan tanpa penonton.
 
Operator La Liga pun menyatakan, seluruh pertandingan lanjutan akan digelar tanpa penonton untuk mencegah terjadinya penyebaran virus korona gelombang kedua.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Tapi, presiden Las Palmas Miguel Angel Ramirez menginginkan seluruh suporternya datang ke stadion untuk menyaksikan langsung laga perdana timnya kontra Girona. Dia bahkan sempat mengomunikasikan itu dengan Menteri Kesehatan Salvador Illa dan Menteri Olahraga Irene Lozano.
 
Menurut Simon, usulan untuk memperbolehkan suporter ke stadion telah dibahas dalam rapat daring pada Selasa 2 Juni lalu. Tapi sayangnya, dia tidak mendapat persetujuan dari semua peserta rapat.
 
Dia mengatakan, para pemain beserta departemen olahraga saat ini sama-sama tidak menginginkan adanya penonton sampai seluruh klub benar-benar diizinkan untuk mengajak suporternya kembali.
 
“Kami belum mendapatkan titik temu. Tapi kami bersedia untuk mengevaluasi segala resiko jika suporter diizinkan untuk datang ke stadion,” kata Simon.
 
Spanyol merupakan salah satu negara di Eropa yang paling parah terjangkit virus korona. Sejak Maret lalu, Spanyol memberlakukan lockdown (karantina wilayah) secara ketat dan kini mulai melonggarkannya perlahan-lahan.
 
Sebagian besar wilayah Spanyol diharapkan masuk kelonggaran lockdown fase tiga mulai 8 Juni nanti, Beberapa di antaranya Madrid, Barcelona dan sejumah provinsi di wilayah Castille Leon.
 
Sebelumnya, presiden La Liga Javier Tebas menuturkan bakal memperbolehkan suporter ke stadion secara bertahap pada musim berikutnya yang dijadwalkan pada 12 September. Tapi, itu pun jika mendapat lampu hijau dari otoritas kesehatan. (ANT)

 

(KAH)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif