Pelatih anyar Barcelona Quique Setien. (Foto: Barcelona FC)
Pelatih anyar Barcelona Quique Setien. (Foto: Barcelona FC)

10 Hal yang Mungkin Anda Belum Ketahui tentang Quique Setien

Bola barcelona liga spanyol
Alfa Mandalika • 14 Januari 2020 09:23
Barcelona: Manajemen Barcelona resmi menunjuk Quique Setien sebagai juru taktik Blaugrana. Dia menggantikan posisi Ernesto Valverde.
 
Mungkin, bagi Anda pecinta sepak bola, masih asing dengan nama Setien. Ya, Setien memang tercatat tak pernah melatih klub besar. Barcelona menjadi tim raksasa pertama yang ia latih.
 
Namun, Setien kenyang pengalaman di sepak bola Spanyol. Tercatat, Setien melatih klub-klub Spanyol macam Racing Santander, Poli Ejido, Lugo, Las Palmas, dan Real Betis. Dia memulai karier sebagai pelatih sejak 2001.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Kini, entrenador 61 tahun mendapatkan kesempatan baru melatih Barcelona. Sebelum menyaksikan kiprahnya, berikut ini 10 fakta tentang Setien.
 
1. Awal Setien mengenal sepak bola ialah sepak bola pantai. Bahkan, da sempat membela timnas sepak bola pantai Spanyol
 
2. Setien punya kenangan manis saat di Racing Santander. Ia dikenal sebagai El Maestro dan menjadi idola publik Cantabria lantaran pernah membela Santander selama 12 musim dan juga pernah menjadi pelatih. Bahkan, dia sempat membawa Santander promosi ke La Liga
 
3. Setien merupakan pelatih ketiga asal Cantabria yang melatih Barcelona. Sebelumnya ada Enrique Orizaola (1961) dan Laureano Ruiz (1976)
 
4. Setien tercatat menghadapi Barcelona sebanyak 22 kali sebagai pemain. Catatannya, Setien meraih lima kemenangan, lima imbang, dan 12 kekalahan. Total, dia mencetak dua gol. Itu terjadi saat Barca v Logrones (2-1) pada musim Liga 1990 -- 1991. Lalu saat Racing v Barcelona pada 1994 -- 1995 (5-0).
 
5. Sebagai pelatih, Setien tercatat sudah bertemu Barcelona sebanyak tujuh kali, dengan catatan enam kekalahan dan satu kemenangan. Kemenangan terjadi di Camp Nou pada musim liga 2018 -- 2019.
 
6. Setien sempat melatih sejumlah klub di antaranya Racing Santander, Poli Ejido, Logrones, Lugo, Las Palmas, dan Real Betis.
 
7. Salah satu pemain Barcelona, Sergio Busquets menunjukkan kekagumannya dengan Setien. Dalam kunjungan ke Camp Nou, Busquets sempat memberikan kaos kepada Setien dengan tulisan "Untuk Quique dengan cinta dan kekaguman atas cara Anda memandang sepak bola. Semua yang terbaik"
 
8. Setien sempat melatih beberapa mantan pemain Barcelona. Mereka ialah Bartra, Kaptoum, Tello, Sanabria, Araujo, Halilovic, dan Kevin-Prince Boateng serta Junior Firpo
 
9. Setien diketahui selalu memuji penampilan Barcelona. Khususnya, pesepak bola Lionel Messi. Dia menyebut Messi adalah pemain mewah dan pemain terbaik dalam sejarah
 
10. Selain sepak bola, Setien punya passion di dunia catur. Dia sempat bertanding menghadapi mantan juara dunia catur Anatoli Karpov dan Gary Kasparov. (Barcelona FC)
 
Video: Bungkam Atletico Madrid, Real Madrid Juara Piala Super Spanyol
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif