Kaleidoskop Liga Spanyol La Liga musim 2017--2018 (Ilustrasi: medcom.id)
Kaleidoskop Liga Spanyol La Liga musim 2017--2018 (Ilustrasi: medcom.id)

Kaleidoskop 2018: Barca Kuasai La Liga, Madrid Ditinggal Dua Sosok Utama

Bola liga spanyol Kaleidoskop 2018
Rizki Yanuardi • 28 Desember 2018 09:10
Kompetisi La Liga sepanjang tahun 2018 banyak menghadirkan cerita. Di luar kesuksesan Barcelona merebut titel juara, sang rival Real Madrid justru diterpa prahara. El Real ditinggal dua sosok kunci, yakni sang juru taktik Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo.
 
Jakarta:
Bicara Liga Spanyol atau La Liga, tanpa mengurangi rasa hormat terhadap klub lainnya, penulis hanya ingin menyoroti dua klub saja. Real Madrid yang mewakili bangsa Spanyol dan Barcelona sebagai wakil bangsa Catalan. Ya, persaingan kedua klub tersebut di sepak bola, juga berlanjut ke ranah politik. Persaingan dua klub dari dua kota terbesar di Spanyol ini, memang menjadi cerita klasik. Sudah terjadi sejak tahun 1902 hingga sekarang.
 
Di liga domestik keduanya memang bersaing. Torehan 33 gelar La Liga untuk Madrid dan 25 gelar milik Barca adalah buktinya. Pun begitu di Liga Champions, kompetisi para juara di Benua Eropa. Real Madrid sudah meraih 13 gelar, sedangkan Barcelona sudah dapat 5 trofi. Belum lagi gelar juara lainnya yang menandakan persaingan mereka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski Madrid masih unggul, rivalitas kedua klub kaya itu kerap disajikan dalam setiap peyajian berita semua media di seluruh dunia. Bukan hanya fans, para pemain kedua klub seperti menampilkan karakter 'rivalitas' di setiap pertandingan.

Baca:Kaleidoskop 2018: Momen Manis dan Pahit Timnas Indonesia


Pernah ada satu kejadian di musim kompetisi 2002 dialami Luis Figo, pemain asal Portugal yang sebelumnya membela Barcelona kemudian pindah ke Madrid. Di laga yang selalu dilabeli 'El Clasico' ini, Figo yang akan mengambil tendangan pojok dikejutkan dengan lemparan kepala babi, yang dilakukan fans garis keras atau ultras Barcelona.
 
Aroma rivalitas sudah tersaji manakala kedua tim akan bertanding. Pun sampai juga di era persaingan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Bagusnya, rivalitasnya lebih kepada kepiawaian mengolah si kulit bundar dan mencetak gol ke gawang lawan.
 
Bicara La Liga musim 2017--2018, kali ini juaranya adalah klub asal Catalunia, FC Barcelona. Tidak seperti tiga musim sebelumnya yang harus menyelesaikan hingga jornada terakhir, kepastian El Barca juara sudah terjadi sejak pekan ke- 34. Urutannya hingga akhir musim (sampai pekan ke- 38) adalah Barcelona, Atletico Madrid, Real Madrid dan Valencia.
 
Rival abadi klub ibu kota ini tidak harus menunggu hingga laga pekan terakhir, alias pekan ke- 38 untuk menjadi juara. Di musim 2017--2018, Blaugrana sudah juara di pekan ke 34 dengan raihan 93 poin, berselisih 14 poin dari klub peringkat kedua asal ibu kota juga, Atletico Madrid.
 
Persaingan musim 2017--2108 memang tidak setegang tiga musim sebelumnya. Bahkan, ketegangan yang juga menular di Liga Champions Eropa sudah beringsut. Hegemoni Barcelona, El Real dan Atletico Madrid terjadi di tiga edisi terakhir Si Kuping Besar. Semifinal musim 2014--2015, 2015--2016, dan 2016--2017 selalu meloloskan dua klub La Liga.
 
Kembali ke perebutan gelar juara La Liga, persaingan perebutan juara terjadi hanya sampai pekan ke- 34. Blaugrana, julukan klub besutan Ernesto Valverde ini, sudah memastikan juara setelah menaklukkan Deportivo La Coruna di Camp Nou dengan skor 4-2, pada Ahad 29 April 2018. Bintang El Barca, Messi mencetak hattrick di laga tersebut.
 
Atletico Madrid yang menjadi pesaing ketat mereka, nilainya sudah tidak bisa lagi mengejar Lionel Messi dan kawan-kawan. Poin Barcelona di pekan 34 adalah 86. Sedangkan Atleti tertinggal 11 poin, dengan tiga laga tersisa.
 
Blaugrana di La Liga musim 2017--2018, selain sukses mengudeta Real Madrid sebagai juara bertahan sebelumnya, juga memiliki catatan keren di akhir musim. Bintang mereka asal Argentina Lionel Messi menjadi topskor, alias meraih gelar Pichichi dengan torehan 34 gol. Leo unggul delapan gol dari jagoan El Real Cristiano Ronaldo.

Baca juga:Kaleidoskop 2018: Juventus Rebut Scudetto Ketujuh Hingga Cristiano Ronaldo Berlabuh ke Turin


Perjalanan Barcelona juara juga menjadi catatan manis bagi Philippe Coutinho, yang didatangkan dari Liverpool di bursa transfer musim dingin awal Januari. Namun, fans Blaugrana juga harus kehilangan Andres Iniesta, salah satu legenda mereka yang akan hengkang di akhir musim.
 
La Liga 2017--2018 juga diwarnai cerita haru biru pelatih Real Madrid Zinedine Zidane. Pria asal Prancis itu secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya usai membawa Los Blancos mencatat hattrick di Liga Champions. Kepergian Zizou tentu disayangkan banyak kalangan di sepak bola. Keputusan Zidane, yang juga salah satu legenda El Real ini diikuti bintang El Real Cristiano Ronaldo, yang pergi ke Juventus.
 
Meski tidak berhasil mengawinkan juara La Liga dan juara Liga Champions Eropa, pencapaian Zidane dinilai sangat luar biasa. Apalagi Madrid asuhannya hatrrick di Liga Champions sejak format baru diperkenalkan.
 
Berikut catatan menarik lainnya La Liga musim 2017--2018:
- Juara di musim 2017--2018, Barcelona memecahkan rekor tak terkalahkan hingga 39 laga yang sudah bertahan selama empat dasawarsa. Tadinya, rekor tak terkalahkan dipegang Real Sociedad dengan 38 laga di musim 1977--1978.
 
- Lionel Messi menjadi pemain di La Liga yang selalu mencetak di atas 30 gol selama enam musim beruntun.
 
- Saat memastikan juara, Barcelona sekaligus sukses mengantarkan Deportivo La Coruna ke jurang degradasi. Menariknya, saat itu pelatih La Caruna adalah Clerence Seedorf, salah satu legenda Real Madrid, rival abadi mereka.
 
- La Liga musim 2017--2018 menjadi persaingan terakhir antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua pemain terbaik dunia dalam satu dasawarsa terakhir. Kedua pemain kerap dibanding-bandingkan satu sama lain, siapa yang terbaik antara mereka di La Liga, Liga Champions, bahkan di dunia.
 
Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga
 
Video:?Persija Jakarta Perpanjang Kontrak Stefano Cugurra

 

(ACF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi