Ronald Koeman (Foto: AFP/Bruno Fahy)
Ronald Koeman (Foto: AFP/Bruno Fahy)

Ada Peran Koeman di Balik Kepindahan De Jong ke Barcelona

Bola barcelona liga spanyol
Patrick Pinaria • 21 Maret 2019 10:01
Frenkie De Jong akan memperkuat Barcelona mulai musim depan. Ia sepakat bergabung dengan El Barca selama lima musim dengan nilai transfer 75 juta euro atau sekitar Rp 1,2 triliun.
 
Rotterdam
: Frenkie De Jong sepakat bergabung dengan Barcelona pada musim 2019--2020. Ada peran Ronald Koeman di balik keputusan gelandang asal Belanda itu untuk pindah ke Blaugrana.
 
Kesepakatan De Jong bergabung diumumkan Barcelona pada 23 Januari. Pemain berusia 21 tahun tersebut diikat kontrak selama lima tahun dengan perkiraan nilai transfer sebesar 75 juta euro (sekitar Rp1,2 triliun).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Barcelona sebetulnya bukan satu-satunya klub yang meminati De Jong. Ia juga diincar klub-klub kaya raya seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain.

Baca: Timnas Indonesia Gagal Menang atas Bali United


Namun, De Jong ternyata lebih memilih bergabung dengan Barcelona. Ia mengaku keputusan itu diambil sudah matang setelah mendapat saran dari pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman.
 
"Saya sudah banyak bertanya kepada Koeman. Saya tahu ia sudah sukses di sana. Saya ingin tahu bagaimana rasanya, kota, kehidupan sehari-hari, dan suasana klub itu. Selalu menyenangkan mengetahui hal-hal itu sebelum bergabung ke sana," ujar De Jong.
 
"Ya, saya meminta saran kepada Koeman. Saya lakukan itu setiap kali membela timnas Belanda. Selalu ada desas-desus menarik. Jadi, saya ingin tahu apa yang dipikirkan Koeman," lanjutnya.

Baca: Mantan Pemain Timnas Kolombia Ditangkap karena Edarkan Narkoba


"Ia menyarankan untuk bergabung dengan klub yang bisa memberikan kesempatan bermain secara teratur. Tidak masalah di mana, selama saya bisa diberi kesempatan bermain. Saya yakin manajer memiliki kesukaannya, tetapi baginya paling penting untuk mendapatkan pengalaman di level tertinggi," tutur De Jong.
 
Ketertarikan Barcelona tidak lepas dari penampilan impresif De Jong bersama Ajax Amsterdam. Sejauh ini, ia sudah membuat 74 penampilan bersama de Godenzonen di seluruh kompetisi.
 
Pencapaian terbaiknya selama memperkuat Ajax adalah membawa klub menjadi runner-up di Liga Europa pada musim 2018--2019. Khusus musim ini, ia sukses membantu Ajax menembus babak perempat final Liga Champions. (Goal)
 

Video: Klaim Gantikan Jokdri, Kini Gusti Randa Ralat Ucapannya
 


 

(PAT)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif