Ekspresi Luis Suarez (kanan kedua) saat berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Deportivo Alaves (Foto: AFP/Ander Gillenea)
Ekspresi Luis Suarez (kanan kedua) saat berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Deportivo Alaves (Foto: AFP/Ander Gillenea)

Hajar Alaves, Barcelona Kian Dekat dengan Gelar

Bola barcelona liga spanyol
Patrick Pinaria • 24 April 2019 06:33
Barcelona menghajar Deportivo Alaves pada dini hari tadi. Kemenangan ini membawa El Barca semakin kukuh di puncak klasemen dengan mengoleksi 80 poin dan unggul 12 poin dari Atletico Madrid.
 
Vitoria-Gasteiz
: Barcelona sukses memetik kemenangan di markas Deportivo Alaves dengan skor 2-0 pada jornada ke-34 La Liga Spanyol 2018--2019, Rabu 24 April dini hari WIB. Hasil positif tersebut semakin mendekatkan El Barca dengan gelar.
 
Barcelona pantas menang. Bukan apa-apa. Statistik mencatat tim besutan Ernesto Valverde tersebut mampu mendominasi pertandingan. Tercatat, mereka bermain dengan penguasaan bola sebanyak 76,7 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Agresivitas Barcelona juga tidak perlu diragukan. Mereka mampu melepaskan enam tembakan mengarah ke gawang dari 17 peluang tercipta. Adapun tim tuan rumah hanya menciptakan satu tembakan mengarah ke gawang dari enam peluang tercipta.
 
Meski mendominasi pertandingan, Barcelona cukup kesulitan menembus gawang Alaves pada babak pertama. Ketidakhadiran mega bintang Lionel Messi tampak membuat serangan-serangan Blaugrana tumpul di depan.
 
Buktinya, Barcelona tidak mampu mencetak gol sepanjang babak pertama. Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan.

Baca: Trent Alexander-Arnold Ikut Dukung Manchester United


Memasuki babak kedua, Barcelona tetap mendominasi permainan. Hingga akhirnya, gempuran mereka berbuah maksimal pada menit ke-54.
 
Carles Alena menjadi pembuka skor bagi Barcelona saat itu. Mendapat umpan dari Sergi Roberto, Alena sukses melepaskan tembakan yang tidak mampu dibendung kiper Alaves Fernando Pacheco.
 
Barcelona tidak langsung mengendurkan serangan usai unggul. Mereka terus menekan Alaves. Alhasil, mereka sukses menambah keunggulan pada menit ke-60 lewat Luis Suarez.
 
Penyerang asal Uruguay tersebut membobol gawang tim tuan rumah lewat eksekusi penalti. Kans penalti bisa didapat Barcelona setelah Tomas Pina kedapatan handball melalui penggunaan teknologi VAR.
 
Setelah unggul dua gol, pelatih Barcelona Valverde mencoba untuk melakukan penyegaran di lini depan. Pada menit ke-61, ia memasukkan Messi untuk menggantikan Dembele.
 
Messi langsung membuat ancaman hanya berselang tujuh menit. Melewati dua pemain Alaves, ia melepaskan tembakan terukur. Akan tetapi, bola masih bisa dijangkau Pacheco.
 
Alaves mencoba keluar dari tekanan. Dua peluang langsung diciptakan mereka setelah laga melewati menit ke-70. Kedua peluang itu diciptakan Darko Brasanac (72') dan Jony (75'). Akan tetapi, upaya mereka tidak ada yang menghasilkan gol.

Baca: Dybala Bangga Bela Juventus Bareng Ronaldo


Barcelona kembali menguasai permainan. Hanya saja, serangan-serangan mereka gagal menghasilkan gol tambahan hingga laga usai. Skor 2-0 tidak berubah dan memastikan kemenangan untuk Barcelona.
 
Kemenangan ini membawa Barcelona semakin kukuh di puncak klasemen sementara dengan mengoleksi 80 poin. Mereka unggul 12 poin dari Atletico Madrid yang berada di posisi kedua.
 
Posisi ini juga semakin mendekatkan Barcelona dengan gelar La Liga Spanyol musim ini. Andai Atletico menelan kekalahan dari Valencia pada Kamis 25 April dini hari WIB, gelar dipastikan bisa diangkat oleh Azulgrana.
 
Akan tetapi, Barcelona tetap bisa mengunci gelar pada akhir pekan ini jika Atletico mampu menang atau seri saat melawan Valencia. Dengan syarat, Blaugrana harus mengalahkan Levante pada Minggu 28 April dini hari WIB.
 
Sementara itu, kekalahan dari Barcelona membuat Alaves tertahan di posisi kedelapan klasemen sementara dengan mengoleksi 46 poin. Mereka gagal melewati Athletic Bilbao yang berada di peringkat ketujuh dengan perolehan poin yang sama.
 

Susunan pemain:
 
Deportivo Alaves: Fernando Pacheco, Laguardia, Ximo Navarro, Rodrigo Ely/Twumasi (71'), Ruben Duarte, Carlos Vigaray, Wakaso, Tomas Pina, Jony/Guidetti (81'), Borja Baston, Rolan/Brasanac (46').
 
Barcelona: Ter Stegen, Pique, Sergi Roberto, Umtiti, Semedo/Jordi Alba (70'), Vidal, Busquets, Coutinho, Carles Alena/Arthur (87'), Suarez, Dembele/Messi (61').
 

Video: Sempat Unggul, Persija Takluk 2-3 Dari Ceres-Negros
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif