Guardiola Bukan Penemu Tiki-Taka
Josep Guardiola (Foto: AFP/Oli SCARFF )
Sinaloa: Barcelona dikenal sebagai klub yang kental dengan permainan tiki-taka. Tepatnya, ketika klub tersebut dilatih Josep Guardiola.

Dimotori Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Lionel Messi, dan Sergio Busquets, Barca menjelma sebagai salah satu klub yang ditakuti lawan saat itu. Terbukti tiga gelar trofi La Liga dan dua gelar Liga Champions adalah segelintir hasil yang diraih Barca di bawah kepemimpinan Guardiola.

Meski hadir pada era Guardiola, pola dengan rumus umpan dan bergerak tersebut dianggap bukan tercipta dari pelatih yang kini memegang Manchester City tersebut. Hal itu diamini oleh legenda timnas Argentina, Diego Maradona.


"Saya telah mengatakan dalam beberapa kesempatan bahwa tiki-taka bukan ditemukan oleh Guardiola. Itu peran Johan Cruyff yang diadopsi oleh Guardiola," ujar Maradona saat diwawancarai Marca.

"Saat ini Pep mampu memilih pemain mana pun di dunia yang dia inginkan. Dengan begitu tiki-taka berjalan lebih mudah," terang pelatih klub asal Meksiko, Dorados.

Guardiola sendiri pernah dilatih Cruyff saat bermain untuk Barcelona, tepatnya pada periode 1990 hingga 1996. Ketika itu, Barca merajai La Liga empat musim beruntun, serta meraih Liga Champions pada 1991--1992 di bawah asuhan Cruyff.

Timnas Garuda Menang 3-1 atas Timor Leste




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id