Momen saat gelandang Barcelona Ivan Rakitic (kiri) berduel dengan salah satu pemain Real Betis (Foto: Barcelona)
Momen saat gelandang Barcelona Ivan Rakitic (kiri) berduel dengan salah satu pemain Real Betis (Foto: Barcelona)

Barcelona vs Real Betis

Messi Comeback, Barcelona Dipecundangi Betis

Bola barcelona liga spanyol
Patrick Pinaria • 12 November 2018 00:23
Barcelona: Barcelona akhirnya harus menelan kekalahan kandang pertama mereka pada musim 2018--2019. Hasil buruk tersebut didapat El Barca saat menjamu Real Betis pada jornada ke-12 La Liga Spanyol, Minggu 11 November. Ketika itu, mereka kalah dengan skor 3-4.
 
Barcelona tampil dengan kekuatan penuh pada laga tersebut. Bahkan, mereka kembali diperkuat Lionel Messi yang pulih dari cedera tangan pada Oktober.
 
Namun, kehadiran Messi tampaknya belum memberikan efek positif buat Barcelona. Sebaliknya, Blaugrana tampak kesulitan meladeni permainan Betis, meski bermain di hadapan publik sendiri, Stadion Camp Nou.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Hal itu juga ditandai dengan statistik permainan kedua tim. Tercatat, Barcelona hanya mampu bermain dengan penguasaan bola sebanyak 54 persen. Catatan yang cukup mengejutkan. Mengingat, Barcelona hampir selalu mendominasi penguasaan bola di atas 60 persen saat menghadapi yang berada di bawah level mereka.
 
Perbandingan jumlah catatan peluang Barcelona dan Betis juga tidak terlalu signifikan. Barcelona mampu melepaskan 19 peluang. Sedangkan Betis mencatatkan 15 peluang.
 
Bahkan, kubu Barcelona dibuat terdiam oleh Betis ketika laga memasuki menit ke-20. Ketika itu, Betis sukses mencuri keunggulan lewat Junior Firpo yang sukses meneruskan umpan dari William Carvalho.
 
Baca: Chelsea Berbagi Angka dengan Everton di Stamford Bridge
 
Betis makin percaya diri usai mencetak gol tersebut. Mereka justru mampu membuat Barcelona tertekan. Alhasil, Betis sukses menambah keunggulan pada menit ke-34 lewat gol Joaquin.
 
Berawal dari pergerakan Cristian Tello di sisi sayap kanan. Kemudian, ia melepaskan umpan tarik yang mampu disambut Joaquin.
 
Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-0 bertahan untuk keunggulan Betis.
 
Tertinggal dua gol, Barcelona mencoba untuk tampil lebih agresif pada awal babak kedua. Sejumlah peluang diciptakan mereka melalui Messi, Sergio Busquets, dan Sergi Roberto. Namun, upaya ketiganya belum membuahkan hasil.
 
Barcelona akhirnya memperkecil ketinggalan pada menit ke-68. Gol El Barca diciptakan oleh Messi melalui tendangan penalti. Kesempatan penalti didapat Barcelona setelah bek Jordi Alba dilanggar oleh Tello di dalam kotak terlarang.
 
Kebobolan justru melecut semangat para pemain Betis. Pada menit ke-71, mereka mampu memperlebar keunggulan. Giovani Lo Celso menjadi pencetak gol untuk Betis kali ini.
 
Arturo Vidal membangkitkan harapan Barcelona. Selang delapan menit, gelandang asal Cile tersebut sukses mencetak gol setelah menyambar umpan dari Munir di tengah kotak penalti pada menit ke-79. Skor pun berubah menjadi 2-3.
 
Apes bagi Barcelona. Saat sedang berambisi untuk menyamakan kedudukan, mereka malah kehilangan Ivan Rakitic pada menit ke-82. Ia harus mendapat kartu kuning kedua setelah menekel Lo Celso.
 
Baca: Emery Siapkan Pengganti Welbeck
 
Situasi ini langsung dimanfaatkan Betis. Mereka berhasil menekan pertahanan Barcelona. Hasilnya, Betis membobol gawang Barcelona berkat gol Firpo pada menit ke-83.
 
Pada masa injury time, Barcelona berhasil memperkecil ketinggalan lewat gol Messi. Penyerang asal Argentina itu memanfaatkan umpan tarik dari Vidal.
 
Gol tersebut sempat menimbulkan kontroversi karena Messi diduga berada di posisi offside. Namun, setelah melihat tayangan ulang lewat VAR, wasit memutuskan Messi berada di posisi onside sehingga golnya pun sah.
 
Hingga laga usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Betis memastikan kemenangan dengan skor 4-3.
 
Hasil ini tidak memengaruhi posisi Barcelona. Mereka tetap bertahan di puncak klasemen dengan mengoleksi 24 poin. Namun, jarak mereka dengan pesaing terdekat mereka, Atletico Madrid kian tipis. Keduanya kini hanya berjarak satu poin.
 
Bagi Barcelona, kekalahan ini merupakan yang pertama didapat mereka di kandang sendiri musim ini. Sebelumnya, mereka belum terkalahkan dalam tujuh laga kandang di seluruh ajang musim ini.
 

Susunan pemain kedua tim:
 
Barcelona: Ter Stegen, Alba, Lenglet, Pique, Roberto, Arthur/Vidal (46'), Busquets/Alena (69'), Rakitic, Malcom/Munir (57'), Suarez, Messi.
 
Real Betis: Pau Lopez, Mandi, Bartra, Sidnei, Tello, Guardado, Carvalho, Firpo, Lo Celso/Inui (87'), Moron/Leon (76'), Joaquin/Canales (62').
 

Video: Barito Putera Rekrut Tiga Pemain Timnas U-16
 

 

(PAT)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif