Suasana Stadion Camp Nou. (Josep LAGO / AFP)
Suasana Stadion Camp Nou. (Josep LAGO / AFP)

Dampak Negatif Pandemi Covid-19 Terhadap Finansial Barcelona

Bola barcelona Virus Korona
Gregorius Gelino • 30 Maret 2020 17:43
Barcelona: Raksasa La Liga, Barcelona, terancam merugi hingga 100 juta euro atau setara dengan Rp1,8 triliun akibat pandemi virus korona (covid-19) di Spanyol. Angka tersebut didapat setelah menghitung omset penjualan tiket, hadiah kompetisi, hingga tur stadion Camp Nou.
 
Akibat penundaan liga, pendapatan Barca dari penjualan tiket dan hak siar televisi terancam berkurang. Dengan lima laga kandang tersisa, Barcelona berpotensi kehilangan 16,5 juta euro atau sekitar Rp299 miliar.
 
Sementara dari hak siar televisi, Barca berpotensi kehilangan 25 juta euro yang setara dengan Rp453 miliar. Meski begitu, Marca melaporkan Blaugrana telah menerima 85 persen pembayaran dari hak siar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Kemudian, Barca juga terancam kehilangan pemasukan dari Liga Champions. Rinciannya adalah terdapat 22,5 juta euro (Rp407 miliar) atas keberhasilan melaju ke babak 16 besar, kemudian ada tambahan 26,4 juta euro (Rp478 miliar) apabila mereka mampu menaklukkan Napoli untuk ke semifinal.
 
Barca juga berpotensi kehilangan pemasukan dari tur stadion yang jumlahnya diprediksi mencapai 15 juta euro (Rp271 miliar). Oleh sebab itu, manajemen klub mengambil keputusan untuk memotong gaji para pemain sebanyak 70 persen sampai Juni agar bisa menghemat sekitar 106 juta euro (Rp1,9 triliun).

 

(KAH)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif