Jelang Barcelona vs Real Madrid

Prediksi Barcelona vs Real Madrid: El Clasico Episode Baru

A. Firdaus 28 Oktober 2018 11:51 WIB
liga spanyolel clasico
Prediksi Barcelona vs Real Madrid: El Clasico Episode Baru
Pertemuan Barca Madrid musim lalu di Camp Nou berakhir imbang 2-2 (Foto: AFP/PAU BARRENA)
Jakarta: Meski sudah digelar sebanyak 271 kali, El Clasico selalu mempunyai episode baru. Tak terkecuali dengan laga yang berlangsung di Stadion Camp Nou, malam nanti.

Barcelona akan menjamu Real Madrid pada pekan ke-10 La Liga Spanyol, atau El Clasico jilid ke-272. Edisi ini cukup spesial, karena untuk pertama kalinya pertandingan antara dua klub besar Spanyol tak melibatkan dua superstar sepak bola, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Ronaldo seperti kita ketahui, ia hengkang ke Juventus pada bursa transfer musim panas lalu. Pemain berjuluk CR7 itu mengakhiri hubungannya dengan Los Blancos yang sudah terjalin selama sembilan tahun ke belakang.


Sementara Messi, secara tak sengaja harus absen pada laga nanti, mengingat cedera tangan yang didapatnya ketika Barca melumat Sevilla 4-2 pada 21 Oktober lalu. Jadi bisa dikatakan, El Clasico ini akan menggelar episode baru.

Adu Tajam Suarez vs Benzema
Meski tanpa dua bintang besar, dipastikan El Clasico tak surut pesonanya. Laga ini akan tetap menarik perhatian para pencinta sepak bola dunia.

Di lapangan, justru para pemain yang sempat tertutup pesonanya, bisa unjuk gigi untuk menjadi yang terbaik dan tentunya menjadi bagian sejarah El Clasico. Seperti Luis Suarez dan Karim Benzema.

Secara kebetulan, performa dua bintang di atas sedang aduhai. Baik Suarez dan Benzema sama-sama telah mencetak empat gol sejauh ini di La Liga.

Suarez mulai menjadi bagian penting Barca terutama saat mengalahkan Inter Milan pada Liga Champions tengah pekan lalu. Meski tak mencetak gol, pemain internasional Uruguay tersebut menciptkan umpan silang atas gol Rafinha.

Sementara Benzema menjadi topskorer klub saat ini dengan empat golnya. Melebihi Gareth Bale (3 gol) atau pun Sergio Ramos (2). Pemain internasional Prancis itu juga penyumbang assist terbanyak yaitu dua kali.

Tantangan Barca & Masa Depan Lopetegui
Laga El Clasico ini bukan hanya bakal menyajikan Episode Baru. Ini akan menjadikan tantangan buat Barca. Ya meski sudah mampu mengalahkan Inter tanpa kehadiran Messi, toh tetap saja laga El Clasico nanti bisa menjadi tantangan yang sebenarnya buat Blaugrana untuk membuktikan apakah mereka siap tanpa La Pulga.

Menggantikan posisi Messi, Rafinha bermain baik dengan menyumbang gol ke gawang Inter. Walaupun, entrenador Ernesto Valverde akan memilih opsi lain di lini depan Barca. Sebab Madrid punya Marcelo yang siap mengagalkan serangan Barca dari sektor kanan.

Di sisi lain, laga ini juga menjadi pertaruhan masa depan Julen Lopetegui. Sejak ditunjuk sebagai pelatih Los Blancos Juni lalu, entrenador berusia 52 tahun itu belum bisa mengangkat performa Madrid.

Menelan tiga kekalahan dari sembilan pertandingan awal La Liga menjadi catatan merah. Bukan tak mungkin, nasibnya sebagai pelatih Madrid ditentukan dari hasil pertandingan melawan Barca nanti.

Barca Lebih Pede
Menjelang El Clasico pertama musim ini, Barca memiliki kesiapan lebih baik dibandingkan dengan Madrid. Baik itu mental maupun fisik.

Dalam lima pertandingan terakhir, Barca belum pernah menelan kekalahan. Mereka dikatakan sudah bangkit usai dipermalukan Leganes 1-2 pada 27 September lalu. Setelah itu, lambat laun mereka telah kembali ke permainan khas Blaugrana.

Barca pun memuncaki klasemen pada pekan kesembilan, setelah sempat direbut Sevilla dua pekan lalu. Meski pada dini hari tadi, posisi tersebut direbut Atletico Madrid yang sudah memainkan pekan ke-10 dengan mengalahkan Real Sociedad.

Selain itu, anak-anak Catalan ini juga unggul empat poin dari rival abadi mereka. Ini menjadikan salah satu alasan, mengapa Barca percaya diri meski tanpa Messi saat menyambut Madrid di Camp Nou.

Sementara bagi Madrid, menelan tiga kekalahan dari sembilan laga awal adalah aib buat pemegang gelar Liga Champions tiga musim beruntun. Untuk itu bisa mencuri kemenangan di kandang Barca akan menambah motivasi mereka, sekaligus menyelamatkan karier Lopetegui.

Nostalgia Barca di Bernabeu
Barca dan Madrid saling mengalahkan dalam enam laga terakhir. Tapi El Barca masih unggul dalam periode tersebut, karena berhasil meraih tiga kemenangan. Sementara Madrid meraih dua kemenangan, dengan sisanya berakhir imbang.

Terakhir kali Barca menang terjadi di Santiago Bernabeu. Ketika itu Barca mempermalukan El Real di hadapan puluhan ribu suporter tuan tumah dengan tiga gol tanpa balas.

Padahal Madrid kala itu diperkuat Ronaldo dan Benzema. Bahkan Garteh Bale pun dimasukkan pada babak kedua oleh pelatih Madrid, Zinedine Zidane. Tapi tetap saja, El Real harus menelan malu dengan kekalahan tiga gol tanpa balas.

Enam pertemuan terakhir Barca-Madrid:
7 Mei 2018 (La Liga): Barcelona 2-2 Real Madrid
23 Desember 2017 (La Liga): Real Madrid 0-3 Barcelona
17 Agustus 2017 (Supercoppa): Real Madrid 2-0 Barcelona
14 Agustus 2017 (Supercoppa): Barcelona 1-3 Real Madrid
30 Juli 2017 (ICC): Real Madrid 2-3 Barcelona
24 April 2017 (La Liga): Real Madrid 2-3 Barcelona

Prakiraan Formasi
Barcelona (4-3-3):
Ter Stegen; Pique, Jordi Alba, Semedo, Lenglet; Rakitic, Busquets, Arthur; Coutinho, Suarez, Dembele

Pemain absen: Samuel Umtiti, Thomas Vermaelen, Lionel Messi

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Nacho, Varane, Ramos, Marcelo; Modric, Casemiro, Kroos; Bale, Benzema, Isco

Pemain absen: Daniel Carvajal, Vincius Junior, Mariano

Prediksi Medcom.id: Barcelona 55-45 Real Madrid

Egy dan Todd Kembali Berlatih Bersama Timnas U-19




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id