Ernesto Valverde (Foto: AFP/Lluis Gene)
Ernesto Valverde (Foto: AFP/Lluis Gene)

Kritik Pedas Valverde untuk Piala Super Spanyol

Bola barcelona liga spanyol
Patrick Pinaria • 09 Januari 2020 12:14
Jeddah: Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengritik perubahan format Piala Super Spanyol. Menurutnya, format baru di turnamen tersebut hanya berorientasi pada uang.
 
Perubahan format Piala Super Spanyol dimulai pada musim 2019--2020. Kali ini, turnamen tersebut melibatkan empat klub yang dipilih dari juara Copa Del Rey, juara La Liga Spanyol, runner-up liga, dan tim peringkat ketiga liga pada musim sebelumnya.
 
Selain itu, turnamen tersebut digelar di luar Spanyol. Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memutuskan menggelar turnamen tersebut di Jeddah, Arab Saudi. Perhelatannya pun pada pertengahan musim baru.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Format tersebut sangat berbeda dari edisi-edisi sebelumnya. Sebab, sebelumnya, turnamen Piala Super Spanyol hanya melibatkan dua klub, yakni juara La Liga dan juara Copa Del Rey dan digelar sebelum kompetisi domestik pada musim baru dimulai.
 
Valverde tidak menyukai perubahan format tersebut. Saking tak suka, pelatih asal Spanyol itu menyebut turnamen Piala Super Spanyol digelar hanya berorientasi pada uang.
 
"Intinya adalah sepak bola sudah menjadi bisnis. Tentu orientasi bisnis itu mencari penghasilan. Itulah alasan kami semua ada di sini," ujar Valverde.
 
"Format ini sama sekali berbeda dari yang biasa kami lakukan. Itu menjadi gelar pertama buat tim dan pembuka pada musim ini. Bagi saya, format lama sudah oke," tambahnya.
 
"Format sudah diubah dan mari kita lihat dan semuanya akan ada penilaian setelah turnamen digelar. Sangat menarik karena melibatkan empat tim bagus. Tetapi, dari sudut pandang olahraga, saya tidak yakin dengan format ini," tutur Valverde.
 
Barcelona terlibat dalam turnamen ini dengan status juara La Liga Spanyol musim 2018--2019. Mereka dijadwalkan akan berduel dengan Atletico Madrid yang berstatus runner-up La Liga musim lalu pada babak semifinal, Jumat 10 Januari dini hari WIB. (Goal)
 

Video: PSM Makassar Tambah Personil
 

 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif