Winger Bayern Muenchen, Arjen Robben, memberi apresiasi kepada suporter (AFP/Christof Stache)
Winger Bayern Muenchen, Arjen Robben, memberi apresiasi kepada suporter (AFP/Christof Stache)

Arjen Robben Gantung Sepatu

Bola bayern muenchen
Gregorius Gelino • 05 Juli 2019 06:46

Setelah 20 tahun berkarier di dunia sepak bola, Arjen Robben memutuskan pensiun di usia 35 karena digerogoti cedera.


Munich: Arjen Robben resmi memutuskan pensiun dari sepak bola di usia 35 tahun setelah berkarier sebagai pesepak bola profesional selama 20 tahun. Ia menambahkan bahwa keputusannya pensiun dikarenakan cedera yang kerap menimpanya.
 
"Seperti yang semua orang tahu, saya mengambil waktu setelah pertandingan terakhir saya bersama Bayern Muenchen untuk membuat keputusan tentang masa depan saya. Dan sekarang saya memutuskan untuk mengakhiri karier saya sebagai pesepak bola profesional," kata Robben seperti dikutip dari Guardian.
 
"Cinta saya untuk permainan ini dan keyakinan saya bahwa saya bisa menaklukkan dunia terbentur realita bahwa segala sesuatu tidak selalu berjalan sesuai keinginan saya. Saya bukan lagi pemuda 16 tahun yang tidak memahami apa yang bisa diakibatkan oleh cedera," imbuhnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Meski demikian, Robben mengakui tidak memiliki penyesalan dalam kariernya. Ia menuturkan bahwa membela negaranya, Belanda, merupakan sebuah pencapaian hebat.

Baca juga: Bayern Muenchen Disarankan Cari Pengganti Robben dan Ribery


"Ini mungkin klise, tapi tidak ada hal yang lebih baik ketimbang bermain untuk negara anda. Saya mengucapkan selamat tinggal setelah 96 caps. Saya bisa ambil bagian dalam enam turnamen mayor dan, dalam tahun-tahun terakhir saya, menjadi kapten tim. Secara keseluruhan, ini adalah momen yang tidak akan terlupakan dan akan selalu saya jaga," tutupnya.
 
Robben mengawali kariernya bersama Groningen pada 1999 sebelum pindah ke PSV Eindhoven pada 2002. Dua tahun bersama PSV, Robben memutuskan hijrah ke Chelsea. Robben bertahan tiga tahun bersama The Blues dan memutuskan untuk hijrah ke Real Madrid pada 2007. Bertahan dua tahun di Madrid, Robben hengkang ke Bayern Muenchen di mana ia merasakan sukses besar hingga akhirnya pensiun.
 
Selama 20 tahun, Robben memenangkan 33 gelar. Ia menggondol delapan gelar liga bersama Bayern, dua gelar liga bersama Chelsea, satu gelar liga bersama Real Madrid, dan satu gelar liga dengan PSV. Ia juga membawa Bayern meraih Liga Champions pada 2013.
 
Video: Rabiot: Juventus Lebih Besar dari PSG
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif