Pebisnis AS Tawar AC Milan Sebesar Rp8,3 Triliun

Gregah Nurikhsani Estuning 29 Juni 2018 11:05 WIB
ac milanliga italia
Pebisnis AS Tawar AC Milan Sebesar Rp8,3 Triliun
Li Yonghong (tengah) pemilik klub AC Milan. (Foto: AFP PHOTO / MIGUEL MEDINA)
Milan: Rocco Commisso, seorang miliyuner asal Amerika Serikat, mengincar 70 persen kepemilikan saham AC Milan dengan tawaran mencapai 500 juta euro atau Rp8 triliun lebih. Commisso juga siap melunasi utang yang melilit klub.

Pemilik Milan saat ini, Li Yonghong musim lalu membeli Rossoneri dari mantan perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi sebesar Rp15,5 triliun. Itu sudah termasuk pelunasan utang, tapi belum investasi pembelian pemain mencapai 200 juta pounds atau nyaris Rp3,3 triliun.

Sayang, 'masturbasi transfer' dan buruknya pengelolaan finansial klub membuat mereka tidak bisa terhindar dari kerugian. Akibatnya, UEFA memberikan sanksi berupa pencoretan dan pelarangan mereka tampil di kompetisi antar klub Eropa selama dua musim.


Saat ini, seperti disadur dari ESPN, Li masih menunda negosiasi dengan Commisso. Pebisnis asal Tiongkok itu wajib menutup utang yang jumlahnya sangat besar dan berbunga. Apabila Li gagal melunasinya sampai tenggat waktu 6 Juli, praktis kepemilikan klub akan berpindah tangan ke Elliot, 'donatur' dari Amerika Serikat.

Milan memiliki total utang mencapai 308 juta euro kepada Elliot yang meminjamkan dana kepada Li sebesar 180 juta euro dan Milan sebesar 128 juta euro. Utang sebesar itu disanggupi oleh Commisso, yang siap pula menyuntikkan investasi 150 juta euro hanya untuk belanja pemain di musim panas ini.

Sisa 30 persen saham akan tetap menjadi milik Li. Ia diperbolehkan menjual seluruh sahamnya di Milan jika sudah melunasi utang mencapai 300 juta euro.

Mengenai Commisso, ia bukanlah orang baru di dunia olahraga. Keluarga Ricketts adalah pemilik Chicago Cubs dan New York Cosmos. Mereka juga pemilik Mediacom.

Video: Kekalahan Jerman di Mata Mantan Pemain Timnas
 



metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id