Momen saat Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan) berjabat tangan dalam acara penghargaan Ballon d'Or 2017 (Foto: AFP/Ben Stansall)
Momen saat Cristiano Ronaldo (kiri) dan Lionel Messi (kanan) berjabat tangan dalam acara penghargaan Ballon d'Or 2017 (Foto: AFP/Ben Stansall)

Ronaldo: Messi Buat Saya jadi Lebih Baik

Bola cristiano ronaldo juventus liga italia
Patrick Pinaria • 22 Agustus 2019 08:50
Cristiano Ronaldo sudah bersaing dengan Lionel Messi hampir lebih dari satu dekade. Torehan lima penghargaan Ballon d'Or yang didapat keduanya dalam periode tersebut menjadi bukti nyata ketatnya rivalitas mereka.
 
Parma
: Cristiano Ronaldo sudah terlibat rivalitas dengan Lionel Messi selama satu dekade. Mega bintang asal Portugal tersebut merasa persaingannya dengan Messi saling menguntungkan satu sama lain.
 
Dominasi torehan penghargaan Ballon d'Or selama 10 tahun berturut-turut menjadi salah satu bukti nyata rivalitas keduanya. Periode persaingan keduanya dalam meraih penghargaan pemain terbaik tersebut berlangsung pada 2008 hingga 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Dalam periode itu, Ronaldo dan Messi saling bergantian meraih Ballon d'Or. Menariknya, jumlah torehan diraih mereka pun sama, yakni lima trofi. Hingga akhirnya, dominasi mereka dalam penghargaan pemain terbaik dunia diputus oleh Luka Modric pada 2018.

Baca: Hasil Lengkap Babak Ketiga Playoff Liga Champions Dini Hari Tadi


Tidak hanya itu. Rivalitas Ronaldo dan Messi semakin terlihat nyata ketika kedua pemain bermain di La Liga Spanyol. Tepatnya saat Ronaldo memutuskan bergabung dengan Real Madrid pada 2009 hingga 2018. Selama itu, Ronaldo dan Messi terus bersaing ketat membawa timnya meraih sejumlah gelar.
 
Jumlah torehan Messi di kancah domestik lebih unggul dari Ronaldo. Buktinya, mega bintang asal Argentina tersebut sukses membawa Barcelona meraih enam gelar La Liga Spanyol. Sedangkan Ronaldo hanya membantu Madrid meraih dua gelar kompetisi paling bergengsi di negeri Matador itu.
 
Messi boleh bangga karena unggul dalam torehan liga dari Ronaldo. Namun, jika berbicara di kompetisi Eropa, Messi masih jauh di bawah Ronaldo saat memperkuat Madrid. Total, Messi hanya mampu membantu Barcelona meraih dua gelar Liga Champions, sedangkan Ronaldo memenangkan empat gelar Liga Champions untuk Los Blancos.

Baca: Bhayangkara FC kembali Incar Pelatih Asing


"Saya benar-benar mengagumi karier yang telah Messi jalani sejauh ini. Ia sempat mengaku ada yang janggal ketika saya meninggalkan Spanyol. Sebab, ia menghargai persaingan kami," ujar Ronaldo.
 
"Rivalitas kami sangat bagus dalam sepak bola. Michael Jordan punya rival di dunia basket, Ayrton Senna dan Alain Prost merupakan rivalitas hebat di Formula 1. Adanya rivalitas dalam dunia olahraga menjadi bukti bahwa mereka sehat," tambahnya.
 
"Messi membuat saya menjadi pemain yang lebih baik. Begitu juga sebaliknya," tutur Ronaldo. (Goal)
 

Video: Lepas Pavel Smolyachenko, Arema FC Bidik Pemain asal Jepang
 

 

(PAT)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif