Juventus Raih Scudetto

Lima Momen Penting Juve dalam Meraih Titel Scudetto 2017 -- 2018

A. Firdaus 14 Mei 2018 12:44 WIB
juventusliga italia
Lima Momen Penting Juve dalam Meraih Titel Scudetto 2017 -- 2018
Para pemain Juventus merayakan gelar scudetto mereka secara beruntun usai bermain imbang tanpa gol atas AS Roma (Foto: AFP)
Jakarta: Juventus mengklaim scudetto ketujuh secara beruntun pada Minggu malam atau Senin 14 Mei dini hari tadi WIB. Total, mereka telah mengamankan 34 gelar scudetto sepanjang eksistensi mereka di Serie-A.

Juve mengamankan gelar ketujuh mereka dalam tujuh musim beruntun, usai bermain imbang tanpa gol dengan AS Roma. Sejatinya, laga melawan Giallorossi bukanlah satu-satunya laga penentu mereka memastikan gelar juara Italia.

Sebab sepekan sebelumnya Juve merunut pada peraturan liga, Gianluigi Buffon dan kolega sudah dipastikan merebut gelar scudetto. Tapi secara matematis, bermain imbang melawan Roma menjadi penegasan pasukan Hitam-Putih untuk meraih scudetto.

Klik di sini: Pelatih Beberkan Penyebab Arema Gagal Menang Kontra PSM

Berdasarkan catatan AFP, berikut sejumlah momen penting Juve dalam meraih scudetto ke-34 mereka sepanjang sejarah:


- Napoli 0-1 Juventus (Giornata ke-15 Serie-A, 1 Desember 2017)
Gonzalo Higuain menjadi pahlawan kemenangan Juve atas mantan klubnya, Napoli. Dia mencetak gol semata wayang kemenangan Nyonya Tua atas Partenopei.

Tambahan tiga poin tersebut sempat membuat Juve menggusur Napoli di posisi puncak, meski dua pekan berikutnya pasukan Maurizio Sarri kembali menjadi capolista.

"Higuain adalah fenomena dalam situasi tersebut. Mereka punya 90 menit yang kurang bagus, tapi tiga poin memiliki arti lebih buat mereka," ujar Sarri usai pertandingan.

- Juventus 7-0 Sassuolo (Giornata ke-23 Serie-A 4 Februari 2018)
Higuain kembali menjadi pemain kunci ketika hattrick-nya membantu Juve membantai Sassuolo. Ini merupakan hattrick pertama Higuain sejak datang dari Napoli.

Sementara laga tersebut juga menjadi penampilan pertama Gianluigi Buffon sejak mengalami cedera.
 
- Real Madrid 1-3 Juventus (Perempat final Liga Chamions, 11 April 2018)
Bagian dramatis dalam perjalanan Juve di Liga Champions, ketika mereka harus disingkirkan Real Madrid meski menang 3-1 di Santiago Bernabeu.

Buffon dikeluarkan oleh wasit Michael Oliver serta melakukan protes dengan keras. Tapi di sinilah, Juve mulai fokus untuk merebut gelar scudetto.

"Sekarang kami harus fokus pada liga, untuk membawa gelar ketujuh scudetto secara beruntun dan Coppa Italia keempat kami," terang Allegri yang seolah tak mempersoalkan momen drama di Santiago Bernabeu.

- Inter Milan 2-3 Juventus (Giornata ke-35 Serie-A, 28 April 2018)
Juventus pemegang enam gelar scudetto secara beruntun mulai membuktikan bahwa mereka fokus mengamankan gelar juara Serie-A. Sempat takluk 0-1 oleh Napoli di Turin, Juve kemudian bangkit dan menang dramatis 3-2 atas Inter di Giuseppe Meazza.

Tak lama kemudian, Napoli takluk telak oleh Fiorentina dengan skor 0-3. Pelatih Napoli Maurizio Sarri pun mengatakan melihat hasil yang didapatkan Juve, sontak membuat asa Napoli merebut scudetto telah hilang.

- Juventus 3-1 Bologna (Giornata ke-36 Serie-A, 5 Mei 2018)
Douglas Costa menjadi biang kerok kekalahan Bologna yang sempat unggul lebih dulu atas Juve di Allianz Stadium. Kemenangan ini juga membuat Juve sebenarnya sudah dipastikan merebut gelar juara meski masih ada dua pertandingan sisa.

Sebab pada waktu yang bersamaan, rival sekota Juve, Torino mempersulit Napoli ketika keduanya bertemu. Il Toro mampu bermain imbang dengan Napoli di San Paolo, sekaligus membuat Juve unggul enam poin atas Partenopei.

Persija Optimis Bisa Lolos ke Final Piala AFC Zona ASEAN




(ASM)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360