Suasana stadion Allianz jelang pertandingan Juventus vs Inter Milan digelar tertutup akibat pandemi korona (Foto: AFP/Vincenzo Pinto)
Suasana stadion Allianz jelang pertandingan Juventus vs Inter Milan digelar tertutup akibat pandemi korona (Foto: AFP/Vincenzo Pinto)

Wabah Virus Korona

Liga Serie-A Italia akan Dilanjutkan dengan Satu Syarat

Bola liga italia serie a
Patrick Pinaria • 13 Mei 2020 07:10
Roma: Rencana melanjutkan Liga Serie-A Italia 2019--2020 terus digodok operator liga, Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC), dan pemerintah. Sejauh ini, ketiga pihak tersebut sedang fokus pada penggarapan protokol kesehatan.
 
Liga Italia musim ini ditunda pada Maret karena pandemi korona. Operator liga dan FIGC memutuskan penundaan tersebut guna mematuhi aturan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus asal Wuhan tersebut.
 
Kepastian soal kelanjutan liga terus menjadi perbincangan. Bahkan, beberapa klub sempat meminta agar liga musim ini tidak dilanjutkan. Namun, seluruh klub sepakat untuk menyelesaikan musim ini jika mendapat lampu hijau dari pemerintah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Semangat ingin melanjutkan kompetisi musim ini juga ditunjukkan oleh FIGC. Mereka terus berupaya keras agar liga tetap berlanjut dan tuntas. Salah satunya dengan kerap berdiskusi dengan pemerintah agar mendapat solusi dan izin untuk kompetisi dilanjutkan.
 
Sejauh ini, pembahasan mereka sudah sampai ke tahap protokol kesehatan. Kabarnya, pemerintah sudah mengembalikan proposal protokol kesehatan kepada FIGC.
 
Namun, pemerintah meminta ada beberapa revisi dalam proposal tersebut. Salah satunya adalah mewajibkan seluruh anggota setiap tim mengarantina diri selama 15 hari jika ada salah satu anggota tim, baik pemain atau staf, yang dinyatakan positif korona. Jika hal itu terjadi, pemerintah Italia juga meminta kompetisi dihentikan.
 
"Tanpa ragu, jika ada yang positif covid-19 di salah satu klub, semuanya berhenti," ujar Wakil Menteri Kesehatan Sandra Zampa.
 
"Praktis semua anggota di tim itu dikarantina dan seluruh musim berhenti. Jika kompetisi tidak berhenti, virus akan menghentikan Anda sebagai gantinya. Salah satu bentuk cinta terhadap sepak bola adalah peduli dengan orang-orang yang bekerja di dalamnya," lanjutnya.
 
"Satu-satunya alasan kami ingin melanjutkan Liga Serie-A sejauh ini adalah karena dampak ekonomi," tutur Zampa.
 
Liga Serie-A Italia musim ini masih menyisakan 12 pertandingan. Adapun klasemen sementara dipimpin Juventus dengan mengoleksi 63 poin. Mereka hanya unggul satu poin dari Lazio yang berada di posisi kedua. (Football Italia)
 

Video: Bundesliga Kembali Bergulir 16 Mei
 

 

(PAT)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif