Suasana pertandingan Juventus vs Inter Milan digelar tanpa penonton saat pandemi korona (Foto: AFP/Vincenzo Pinto)
Suasana pertandingan Juventus vs Inter Milan digelar tanpa penonton saat pandemi korona (Foto: AFP/Vincenzo Pinto)

Wabah Virus Korona

Pandemi Korona, Klub-klub Liga Serie-A Sepakat Potong Gaji Pemain

Bola liga italia Virus Korona
Patrick Pinaria • 06 April 2020 22:24
Roma: Seluruh klub Liga Serie-A Italia sepakat memberlakukan kebijakan pemangkasan gaji untuk anggota mereka. Kesepakatan itu dijalin mereka dengan operator liga, Lega Serie A pada Senin 6 April.
 
Klub-klub di Liga Italia sedang terancam krisis keuangan. Sebab, mereka saat ini minim pendapatan lantaran kompetisi dihentikan sementara oleh Lega Serie A guna mendukung gerakan pencegahan penyebaran virus korona.
 
Demi menyelamatkan finansial dari krisis, klub-klub Liga Serie-A mengadakan pertemuan dengan operator kompetisi pada hari ini. Hasilnya, 19 klub sepakat memberlakukan kebijakan pemangkasan gaji kepada anggota (termasuk pemain) dengan Lega Serie A.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Ada dua kebijakan yang diberlakukan dalam pemangkasan gaji tersebut. Pertama, klub berhak memotong gaji anggotanya sebanyak seperenam dari gaji tahunan mereka alias sekitar dua bulan gaji jika kompetisi musim ini diselesaikan.
 
Kemudian, klub akan memotong gaji anggotanya sebanyak sepertiga dari gaji tahunan mereka (sekitar empat bulan gaji) jika kompetisi musim ini dibatalkan.
 
Namun, kebijakan tersebut tidak berlaku untuk Juventus. Sebab, I Bianconeri sudah menetapkan kebijakan pemangkasan gaji terlebih dulu, tepatnya pada 29 Maret.
 
"Sejalan dengan tindakan yang bertujuan untuk mengurangi biaya tenaga kerja baik di Italia maupun di luar negeri, Lega Serie A hari ini mengambil keputusan dengan matang. Kecuali Juventus yang sudah mencapai kesepakatan dengan para pemain mereka, pengurangan biaya dalam arti gaji akan diberlakukan untuk pemain, pelatih, dan staf tim utama lainnya," tulis pernyataan Lega Serie A.
 
"Tindakan ini diperlukan untuk melindungi masa depan seluruh sistem sepak bola Italia, memberikan pengurangan sepertiga dari total pendapatan tahunan kotor (atau empat bulan gaji secara rata-rata) jika musim tidak dilanjutkan dan pengurangan sebanyak seperenam dari total pendapatan tahunan kotor (atau dua bulan gaji) jika sisa pertandingan musim 2019--2020 dapat dilanjutkan dalam beberapa bulan mendatang," lanjut mereka.
 
Liga Italia diberhentikan sementara pada 10 Maret. Keputusan itu diambil demi mendukung gerakan pencegahan penyebaran virus korona.
 
Awalnya, FIGC dan operator kompetisi sepakat menunda liga hingga 3 April. Namun, mereka mengubah masa tunda liga menjadi tanpa batas waktu karena pandemi yang makin menyebar luas di Italia. (Football Italia)
 

Video: Spanyol Dilanda Covid-19, Xavi Beri Bantuan Rp17,7 Miliar
 

 

(RIZ)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif