Bola Serie A Italia. (Marco BERTORELLO / AFP)
Bola Serie A Italia. (Marco BERTORELLO / AFP)

Klub Italia dan Asosiasi Pemainnya Beda Pendapat Soal Pemotongan Gaji

Bola liga italia
Kautsar Halim • 07 April 2020 21:59
Milan: Klub-klub strata tertinggi Italia mencapai kesepakatan untuk memotong gaji para pemain, pelatih, dan stafnya. Itu terjadi untuk menutupi kerugian dari tertundanya kompetisi akibat pandemi virus korona.
 
Semua kompetisi sepak bola di Italia telah ditangguhkan karena pandemi covid-19 sejak 9 Maret lalu. Operator Serie A menyatakan, gaji kotor tahunan para pemain akan dipotong sepertiganya jika musim dibatalkan dan dipangkas seperenamnya jika musim dilanjutkan.
 
Keputusan tersebut diterima oleh seluruh klub Liga Italia, kecuali Juventus yang memang sudah lebih dulu menetapkan kebijakan untuk memotong gaji para pemain dan stafnya. Kendati demikian, pemotongan gaji tetap harus diteken semua pihak yang terkait.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  setelah melakukan konferensi video pada Senin 6 April, operator Serie A sempat menegaskan masih ingin melanjutkan kompetisi. Namun, itu baru akan dilakukan apabila situasi kesehatan dan pemerintah mengizinkan.
 
Sementara itu, Ketua Asosiasi Pesepak bola Italia (Associazione Italiana Calciatori/AIC) Damiano Tomassi mengatakan tidak setuju dengan kebijakan pemotongan gaji. Menurutnya, keputusan itu tidak dapat dipahami.
 
"Saya tidak paham logika bisnis di balik sikap itu (memotong gaji) yang melibatkan para pemain sebagai aktor utama pertunjukan. Padahal, hampir semua orang telah mendiskusikan dengan klubnya bagaimana keluar dari krisis ini," kata Tomassi.
 
"Bagi saya, ini terlihat gila," tambah mantan gelandang AS Roma itu.
 
Pada akhir bulan lalu,, Juventus selaku pemuncak klasemen sementara mengumumkan bakal memangkas gaji para pemain dan pelatihnya untuk periode Maret sampai Juni. Sang juara bertahan Serie A itu menganggap pemangkasan gaji berdampak positif sebesar 90 juta euro untuk kondisi keuangan musim ini. (ANT)

 

(KAH)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif