Football Leaks: Chelsea dan Empat Klub Liga Primer Inggris Terancam Sanksi FIFA

A. Firdaus 15 November 2018 12:28 WIB
liga inggris
Football Leaks: Chelsea dan Empat Klub Liga Primer Inggris Terancam Sanksi FIFA
Para pemain Chelsea sebelum bertanding (Foto: Chelseafc)
London: Chelsea menjadi salah satu dari lima klub Liga Primer Inggris yang terancam sanksi FIFA. Mereka diduga mendatangkan pemain asing di bawah usia 18 tahun.

Dugaan tersebut muncul tak lepas dari data yang dilemparkan media Prancis, Mediapart. Mereka memperoleh data dari Football Leaks yang mengklaim bahwa ada lima klub besar Inggris yang melanggar aturan transfer. 

Chelsea adalah klub yang berhasil diungkap. Mereka diduga mendatangkan pemain asal Burkina Faso, Bertrand Traore, saat masih berusia 16 tahun. Saat ini pemain tersebut berkarier untuk Lyon.


Sementara itu media Inggris, Telegraph, meyakini bukan hanya Chelsea yang terlibat. Mereka mempercayai ada 14 pemain di bawah usia 18 tahun yang didatangkan oleh klub besar Inggris lainnya.

“Ini investigasi besar-besaran yang akan melibatkan sejumlah klub. Ini akan melibatkan sebagian besar klub besar di seluruh Eropa dan di Liga Primer Inggris,” ucap sumber yang dekat dengan Telegraph.

Meski belum diketahui empat klub lainnya, tapi Telegraph menjurus pada Manchester City dan Manchester United. Saat ini FIFA sendiri telah melakukan penyelidikan terkait kasus ini.

"Seperti yang dikomunikasikan pada September 2017, penyelidikan dibuka mengenai klub Chelsea FC serta klub Inggris lainnya dalam kaitannya dengan potensi pelanggaran Peraturan pada Status dan Transfer Pemain," ucap seorang juru bicara FIFA.

“Prosesnya sedang berlangsung dan hingga saat ini, tidak ada keputusan yang disahkan oleh badan peradilan FIFA. Dengan demikian, klub harus dianggap tidak bersalah kecuali memutuskan sebaliknya. Tidak ada informasi lebih lanjut yang dapat diberikan karena kasus sedang berlangsung. Setiap pembaruan akan dikomunikasikan pada waktunya," tegas juru bicara tersebut.

Berdasarkan pedoman FIFA, ada larangan mendatangkan pemain asing di bawah usia 18 tahun. Perekrutan pemain hanya dapat dilakukan jika pemain dalam hal orang tua bermigrasi ke negara itu untuk alasan di luar sepak bola, atau jika kedua klub dan pemain didasarkan dalam radius 50 km dari perbatasan internasional.

Persiapan Timnas Indonesia Jelang Hadapi Thailand




(FIR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id