Ilustrasi FIFA (fifa.com)
Ilustrasi FIFA (fifa.com)

FIFA Larang Chelsea Belanja Pemain di Dua Bursa Transfer

Bola fifa chelsea
Riyan Ferdianto, Gregorius Gelino • 22 Februari 2019 22:45
FIFA memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada klub Liga Primer Inggris, Chelsea berupa larangan mendatangkan pemain pada musim panas 2019 dan musim dingin 2020.
 
Zurich: FIFA memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada klub Liga Primer Inggris, Chelsea berupa larangan mendatangkan pemain pada musim panas 2019 dan musim dingin 2020. Kepastian itu terjadi usai, The Blues diketahui melanggar peraturan yang membeli pemain di bawah umur 18 tahun.
 
Tidak hanya larangan membeli pemain di dua jendela transfer, Chelsea juga dikenai denda lebih dari 460 ribu poundsterling (Rp 8,4 miliar). Badan Sepakbola Inggris alias FA didenda 390 ribu poundsterling (Rp 7,1 miliar) lantaran membiarkan Chelsea melakukan transaksi membeli pemain di bawah usai 18 tahun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Keputusan ini dibuat setelah Chelsea terbukti melanggar regulasi FIFA pasal 19 terkait transfer 29 pemain di bawah umur dan pasal 18 untuk dua pemain belia lainnya. Meski tidak disebutkan siapa saja pemain di bawah umur yang direkrut Chelsea, nama Bertrand Traore muncul ke permukaan sebagai awal kecurigaan FIFA.
 
Traore bergabung dengan akademi Chelsea pada 2010 lalu, namun pemain asal Burkina Faso itu masih berusia 16 tahun ketika The Blues mendatangkannya. Hal ini menjadi pintu masuk FIFA untuk melakukan investigasi terhadap klub milik Roman Abramovich.
 
Berdasarkan pedoman FIFA, ada larangan mendatangkan pemain asing di bawah usia 18 tahun. Perekrutan pemain hanya dapat dilakukan jika pemain dalam hal orang tua bermigrasi ke negara itu untuk alasan di luar sepak bola, atau jika kedua klub dan pemain didasarkan dalam radius 50 km dari perbatasan internasional.
 
Selain itu kedua negara harus berada di bawah Uni Eropa atau Zona Ekonomi Eropa dan pemain yang ditransfer harus berada di rentang usia 16 hingga 18 tahun. Klub pembeli juga harus menyediakan pendidikan, latihan, dan tempat tinggal yang layak.
 
"Hukuman ini diterapkan kepada klub sebagai keseluruhan, dengan pengecualian dari tim putri dan tim futsal, dan tidak melarang pelepasan para pemain," bunyi pernyataan FIFA.
 
FIFA memberikan waktu 90 hari untuk Chelsea agar bisa menyelesaikan para pemain di bawah 18 tahun yang sudah dibeli tim asal London tersebut. Para pemain itu bisa dijual ke klub mana pun agar peraturan tersebut tak dilanggar lagi oleh Chelsea.
 
Video: Legenda Liverpool Bicara Nostalgia Istanbul
 

 

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif