Selebrasi penyerang Everton Richarlison usai membobol gawang Chelsea (Foto: Everton)
Selebrasi penyerang Everton Richarlison usai membobol gawang Chelsea (Foto: Everton)

Chelsea Tertunduk di Markas Everton

Bola liga inggris everton chelsea
Patrick Pinaria • 07 Desember 2019 20:41
Liverpool: Chelsea tidak berdaya saat bertamu ke markas Everton pada matchday ke-16 Liga Primer Inggris 2019--2020, Sabtu 7 Desember malam hari WIB. The Toffees mampu menundukkan Chelsea dengan skor 3-1.
 
Everton sebetulnya cukup tertekan lantaran Chelsea mendominasi penguasaan bola sebanyak 69,8 persen. Namun, dominasi itu tak membuat para pemain Everton panik, bahkan kehilangan akal untuk membangun serangan.
 
Buktinya, Everton justru mampu tampil lebih efektif saat menciptakan peluang sepanjang pertandingan. Tercatat, mereka menghasilkan tujuh tembakan mengarah ke gawang dari total 13 peluang tercipta. Sedangkan Chelsea hanya menghasilkan empat tembakan mengarah ke gawang dari 15 peluang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Memasuki babak pertama, Everton langsung membuka keunggulan ketika laga baru berjalan lima menit. Djibril Sidibe mengawali serangan Everton dengan melepaskan umpan lambung ke dalam kotak. Bola pun berhasil disambut Richarlison dengan sundulan yang mengarah ke pojok kiri gawang.
 
Everton tidak langsung mengendurkan serangan usai unggul. Mereka menciptakan dua peluang berbahaya ke gawang Chelsea, tetapi gagal berbuah maksimal.
 
Chelsea akhirnya keluar dari tekanan ketika memasuki menit ke-25. Sejak itu, mereka gantian mengurung pertahanan Everton dan menghasilkan sejumlah peluang melalui Tammy Abraham, Reece James, dan Mason Mount. Namun, tidak ada yang membuahkan hasil.
 
Hingga turun minum, kedua tim tidak ada yang mencetak gol tambahan. Skor 1-0 untuk keunggulan Everton bertahan.
 
Everton langsung tampil menggebrak pada awal babak kedua. Alhasil, mereka sukses menggandakan keunggulan melalui gol Dominic Calvert-Lewin. Ia sukses memanfaatkan kemelut di dalam kotak penalti dengan tembakan mendatar ke dalam gawang.
 
Chelsea berupaya bangkit. Mereka meningkatkan tempo permainan usai tertinggal dua gol. Hasilnya, tim asuhan Frank Lampard sukses memperkecil ketinggalan lewat gol Mateo Kovacic pada menit ke-52.
 
Pertandingan berjalan semakin sengit usai gol tersebut. Kedua tim saling bergantian menciptakan peluang.
 
Namun, Everton akhirnya mampu menciptakan tambahan gol. Tepatnya pada menit ke-84. Gol tersebut lagi-lagi dicetak oleh Calvert-Lewin.
 
Hingga laga usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Everton memastikan kemenangan atas Chelsea dengan skor 3-1.
 
Kemenangan ini membuat Everton keluar dari zona degradasi dan naik ke posisi ke-14 klasemen sementara dengan mengoleksi 17 poin. Namun, mereka masih terpaut tipis dengan Southampton yang berada di zona degradasi, yakni posisi ke-18.
 
Sementara itu, Chelsea tertahan di posisi keempat klasemen sementara dengan mengoleksi 29 poin. Mereka tertinggal 14 poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen.
 

Susunan pemain:
 
Everton: Pickford, Digne/Baines (82'), Holgate, Keane, Sidibe, Iwobi, Sigurdsson, Schneiderlin, Walcott/Bernard (86'), Richarlison/Davies (71'), Calvert-Lewin.
 
Chelsea: Kepa, James/Batshuayi (82'), Christensen, Zouma, Azpilicueta, Kante, Kovacic, Kante, Kovacic, Willian/Hudson-Odoi (71'), Mount, Pulisic, Abraham.
 

Video: Prediksi Jelang Derby Manchester City vs Manchester United
 

 

(KAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif