Ole Gunnar Solskjaer. (Foto: AFP/Paul Ellis)
Ole Gunnar Solskjaer. (Foto: AFP/Paul Ellis)

Solskjaer Minta Pemain MU Berani Ambil Risiko

Bola liga inggris liverpool manchester united
Media Indonesia.com • 19 Oktober 2019 13:48
Manchester: Manchester United akan berusaha memperbaiki catatan buruk mereka di gelaran Liga Primer Inggris saat menjamu pemuncak klasemen sementara, Liverpool.
 
Laga yang akan berlangsung di Old Trafford, Minggu (20/10) malam WIB itu, tentunya akan menjadi pertaruhan yang sangat besar bagi Setan Merah mengingat mereka sedang terpuruk.
 
Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua tim di musim ini dan secara statistik, perbedaan kekuatan mereka pun sangat terlihat jauh.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Melihat dari catatan pertandingan Liga Primer Inggris, Liverpool berhasil menyapu bersih delapan pertandingan pada musim ini dengan kemenangan, sementara United hanya bisa meraih 2 kemenangan, 3 hasil seri, dan 3 kekalahan.
 
Ole Gunnar Solskjaer pun percaya anak asuhnya perlu berani mengambil risiko saat berhadapan dengan Liverpool.
 
Dalam konferensi pers jelang pertandingan yang diadakan di tempat Latihan Aon, Solskjaer mengatakan para pemainnya harus berani mengambil inisiatif menyerang.
 
"Tentu saja, ini tentang hasil, memenangkan permainan dan mulai mencetak gol. Itu merupakan hal utama," ujar Solskjaer dilansir dari laman resmi klub, Sabtu (19/10).
 
Pelatih berkebangsaan Norwegia ini menekankan United perlu menciptakan lebih banyak peluang. Dia merasa para pemain sudah terlihat solid, akan tetapi mereka belum cukup berani untuk mengambil risiko.
 
"Jika harus dibandingkan, tim-tim lain lebih sering mengambil risiko daripada kita yang lebih banyak berlari di belakang. Ketika mereka kehilangan kepercayaan diri, mungkin mereka ingin bermain sedikit lebih aman dan itu merupakan tugas saya untuk mengatakan 'ayolah'. Tidak aman bermain dengan pola seperti itu. Di klub ini, Anda memang perlu mengambil risiko," lanjutnya.
 
Dia juga menambahkan menghadapi Liverpool merupakan pertandingan yang sangat penting. Jika berhasil memetik kemenangan, kepercayaan dalam diri setiap pemain Setan Merah akan meningkat dan juga catatan sejarah baru akan terbentuk.
 
Di sisi lain, Juergen Klopp berharap Setan Merah akan membawa para pemain terbaik mereka saat menjamu anak asuhnya kelak. Meskipun sebelumnya David De Gea dan Paul Pogba dinyatakan tidak akan bertanding, tapi Klopp meyakini bahwa United masih memiliki para pemain terbaik mereka.
 
“Saya sadar akan kekuatan Manchester United, dan saya mengharapkan susunan pemain terbaik mereka. Empat hari yang lalu, saya pikir Ole berkata 'tidak ada peluang' untuk menurunkan De Gea atau Pogba, tapi itu masih kemungkinan kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok," tambah Klopp dilansir dari laman resmi Liverpool.
 
Meskipun di atas kertas bisa dikatakan Liverpool unggul, Klopp merasa Setan Merah merupakan tim yang sangat baik.
 
Hanya saja, Klopp merasa mereka sedang berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan dan menurutnya saat ini mereka tengah berusaha untuk mengubah keadaan.
 
“Mereka ialah tim sepak bola yang sangat baik dalam situasi yang tidak mereka sukai, jadi mereka ingin mengubahnya. Kami harus memastikan jika mereka ingin mengubahnya, mereka harus memulainya dengan sangat baik," lanjutnya.
 
Dalam analisanya, Klopp mengatakan United memiliki keunggulan dalam hal kecepatan. Dia mengatakan pemain seperti Anthony Martial akan sangat berbahaya, begitu pun dengan Marcus Rashford dan Daniel James.
 
Klopp pun menyadari bahwa saat ini United memiliki banyak pemain yang cedera dan tentunya akan sangat berpengaruh pada pola permainan. Dia juga menambahkan bahwa jika para pemain utama tidak bisa bermain dikarenakan cedera, pola permainan pun akan kacau.
 
“Tidak ada yang bisa memainkan strategi yang sama ketika lima atau enam pemain line-up anda tidak bisa bermain, itu tidak mungkin. Anda tidak dapat memainkan strategi yang sama, dan mungkin anda bisa mendapatkan hasil yang sama jika memiliki suasana hati yang berbeda. Tetapi anda tidak bisa memainkan strategi yang sama. Itu yang sulit bagi mereka," pungkas pelatih asal Jerman tersebut.
 
Dalam pertandingan, momentum merupakan hal yang dibutuhkan setiap tim, menurut Klopp. Sayangnya hal ini mungkin sedang tidak dimiliki United. Tapi, Klopp meyakini bahwa bukan berarti mereka tidak akan mendapatkan momentumnya kembali.
 
Video: Gara-Gara Suporter Liverpool dan Manchester City Kena Denda
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif