Paul Pogba. (Foto: AFP/Franck Fife)
Paul Pogba. (Foto: AFP/Franck Fife)

Cara Paul Pogba Mengatasi Ejekan Rasial

Bola liga inggris manchester united
Muhammad Al Hasan • 12 Juni 2019 16:57

Gelandang Manchester United Paul Pogba punya cara tersendiri menanggapi ejeken rasial yang kerap ia alami.

Manchester: Sebagai seorang dengan ras minoritas di Inggris dan benua Eropa, pesepak bola Manchester United, Paul Pogba kerap dihadapkan pada sikap rasial dari fan. Seakan sudah terlatih, senyuman menjadi cara Pogba merespons sikap tidak terhormat itu.
 
"Mereka bersikap rasial atau bodoh, saya tidak tahu, atau mereka hanya tidak ingin Anda tampil baik. Saya mendengar banyak hal tetapi saya tidak bereaksi, saya tersenyum," kata Pogba dikutip Sportsmole.
 
"Jangan berpikir tentang orang yang membenci, atau orang yang rasis atau bodoh, karena mereka hanya ingin membuatmu mundur," lanjut Pogba.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  "Sangat menyedihkan melihat hal itu di lapangan sepak bola. Melakukan sesuatu seperti itu sangat rendah pada 2019," tegas Pogba.
 
Isu rasial di sepak bola Inggris dikabarkan tengah menyeruak belakangan ini. Bukan hanya Pogba, pemain dengan kulit berwarna lain seperti Aubameyang, Rahim Sterling dan bahkan Song Heung-Min juga mengalami tindakan rasial di lapangan.

Baca: Hasil Pertandingan Sepak Bola Semalam

Salah satu pengalaman yang dialami Pogba ialah saat bertanding melawan Fiorentina. Dan pemain asal Prancis ini menyikapinya dengan tersenyum sembari memberikan perlakuan sebaliknya kepada para fan rasis tersebut dan hasilnya di luar dugaan.
 
"Dia membuat suara seperti, mungkin, monyet. Saya berkata, 'Kenapa?' Saya kemudian memberinya baju saya dan mereka benar-benar bahagia, dan akhirnya mereka bertepuk tangan," lanjut dia.
 
"Saya sedih, tidak marah, karena saya senang dengan diri saya sendiri. Saya menikmati bermain sepak bola, saya menikmati memberikan senyum kepada orang-orang dan hanya itu," lanjut dia.
 
"Hanya itu yang saya butuhkan dalam hidup - bahagia dalam dirimu, dicintai oleh orang-orang dan tidak memikirkan orang yang membenci, atau orang yang bersikap rasis," pungkas dia.
 
Video: Mbappe Cetak Rekor saat Prancis Bantai Andorra
 

(ASM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif