Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti (paling kiri). (Foto: Medcom.id/Zam)
Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti (paling kiri). (Foto: Medcom.id/Zam)

Penjelasan Bima Sakti Soal Kesulitan Indonesia di Piala AFF 2018

Bola timnas indonesia piala aff
Kautsar Halim • 20 November 2018 22:31
Jakarta: Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti, membeberkan problem timnya yang kesulitan bersaing di ajang Piala AFF 2018. Menurut dia, kendalanya hanya soal konsistensi permainan di lapangan.
 
Inkonsistensi skuat timnas Indonesia, kata Bima, terlihat sangat kentara ketika menghadapi Thailand pada laga ketiga Grup B, Sabtu 17 November lalu. Saat itu, Indonesia sempat unggul lebih dulu sebelum akhirnya kalah dengan skor, 2-4.
 
"Selepas pertandingan itu, saya juga bertemu pelatih Thailand Milovan Rajevac. Dia bilang kepada saya, 'Indonesia bermain luar biasa pada babak pertama, tapi kenapa tidak konsisten? Hal ini tentu menjadi evaluasi bagi kami tim pelatih," ujar Bima di Jakarta, Selasa 20 November.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Klik:Cedera Membaik, Andik Vermansah Siap Hadapi Filipina
 
Kendala inkonsistensi itulah yang masih terus dicari jalan keluarnya oleh Bima menjelang laga terakhir Grup B kontra Filipina pada Minggu 25 November. Pertandingan itu sangat penting karena Indonesia wajib menang untuk menjaga asa yang kian menipis.
 
"Semoga di pertandingan tersebut kami tampil 'nothing to lose'. Yang penting kami menang," ujar Bima.
 
Setelah bertarung kontra Thailand, timnas Indonesia langsung kembali dan tiba di Tanah Air pada Minggu 18 November. Seluruh pemain sempat diberi libur sehari untuk memulihkan diri sebelum akhirnya berlatih kembali di Lapangan A Komplek Olahraga Gelora Bung Karno pada Selasa 20 November.
 
Klik:Alasan Bima Sakti Simpan Andritany
 
Seluruh 23 pemain timnas, termasuk para pemain cadangan, berlatih sekitar sejam di Lapangan A sejak pukul 08.00 WIB. Porsi latihan yang diberikan tidak terlalu berat karena bertujuan untuk memulihkan kebugaran dan pendalaman materi taktik penguasaan bola.
 
Sebagai informasi, kemenangan dari Filipina belum memastikan Indonesia lolos ke semifinal. Sebab, skuat Garuda juga harus berharap laga Filipina kontra Thailand tidak berakhir imbang. Filipina dan Thailand itu sendiri akan memainkan laga ketiga pada Rabu 21 November.
 
Indonesia yang sudah memainkan tiga pertandingan sedang berada di urutan empat klasemen sementara Grup B dengan koleksi 3 poin. Sementara itu, Thailand dan Filipina yang baru tampil dua kali sedang memimpin dengan koleksi 6 poin.
 
Singapura yang baru memiliki 3 poin punya peluang lebih besar ketimbang Indonesia. Pasalnya, mereka masih punya dua jatah pertandingan yang tersisa, yakni kontra Timor Leste dan Thailand. Andai bisa menang dalam dua laga itu, tidak mustahil Singapura lolos sebagai pemuncak klasemen. (ANT)
 

 

(KAU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi