Sembilan Calon Ketua Umum PSSI yang tergabung dalam wadah
Sembilan Calon Ketua Umum PSSI yang tergabung dalam wadah "PSSI Baru Menuju Perubahan" (Medcom/Rendy Renuki)

Gerbong 9 Caketum PSSI Ogah Bahas Misi Pribadi di Kongres

Bola pssi Kongres Luar Biasa PSSI
Rendy Renuki H • 01 November 2019 18:26
Jakarta: Sembilan Calon Ketua Umum (Caketum) PSSI bergabung dalam satu gerbong yang dinamai "PSSI Baru Menuju Perubahan". Mereka mendeklarasikan wadah itu saat menggelar jumpa pers di FX Sudirman, Jakarta, Jumat 1 November.
 
Sembilan Caketum PSSI itu di antaranya Fary Djemi Francis, Vijaya Fitriyasa, Benny Erwin, Yesayas Oktavianus, Rahim Soekasah. Serta Arif Putra Wicaksono, Aven Hinelo, Bernard Limbong, dan Sarman El Hakim.
 
Mereka membuat wadah setelah menilai Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan PSSI, Sabtu 2 November besok terkesan aneh. Salah satunya indikasinya yakni pembatasan gerak para Caketum oleh PSSI untuk mendapatkan info atau memaparkan visi dan misi kepada voters.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


  Untuk itu, gerbong "PSSI Baru Untuk Perubahan" ini enggan menonjolkan misi pribadi di Kongres nanti. Mereka tidak memikirkan siapa yang diusung menjadi Ketua Umum PSSI jika salah satu dari sembilan calon ada yang terpilih.
 
"Kita tidak membicarakan itu dahulu. Kita mau sama-sama maju dalam satu gerbong menuju perubahan PSSI baru. Soal nanti siapa yang akan memimpin, siapa yang menjadi Ketua Umum itu kemudian," kata Fary Djemi saat jumpa pers.
 
"Kita mau supaya Kongres ini berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Jadi kita tidak berbicara siapa Ketua Umum ke depan, tapi niat kami untuk memperbaharui PSSI. Itu yang kami utamakan, sehingga kami berkumpul di sini," sambungnya.
 
Sementara, salah satu calon lainnya, Vijaya Fitriyasa, berpendapat sama. Ia tidak mementingkan siapa diantara sembilan calon tersebut yang terpilih.
 
Terpenting baginya adalah PSSI hasil KLB Pemilihan 2019 besok tidak kembali diisi muka lama. Pasalnya, ia menilai kepengurusan PSSI di era saat ini sudah mengalami kegagalan.
 
"Siapa yang akan menjadi Calon Ketua Umum tergantung dengan dinamika di Kongres nanti. Tapi kita mengimbau voters untuk tidak lagi terjebak pada lingkaran setan yang selama ini sudah berlangsung terus-menerus di Kongres PSSI," kata Vijaya.
 
"Jadi kalau memang dahulu-dahulu pernah terjadi seperti itu, kita menghimbau kali ini kita memulai sesuatu dengan lebih baik, kita mulai dengan satu semangat inilah momentum kita untuk memperbaiki PSSI," pungkasnya.
 
KLB Pemilihan PSSI 2019 akan dilangsungkan di Hotel Shangri-La Jakarta mulai pukul 09.00 WIB. Kongres tersebut akan memilih Caketum dari 11 nama yang mendaftar, 15 calon Wakil Ketua, dan 71 calon anggota Komite Eksekutif.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif